Mengkonsumsi Buah Ini Dapat Memperlancar Persalinan Ibu Hamil

Suarabandung.com – Seorang bidan yang berasal dari Yogyakarta bernama Mugi melakukan sebuah penelitian dengan cara meminta ibu hamil untuk mengkonsumsi buah kurma setiap hari dan terus memantau kadar hemoglobin pada ibu hamil tersebut. Hasilnya, ibu hamil ini melahirkan dengan lancar dan cenderung lebih cepat tanpa kendala apapun. Bayi yang dilahirkan juga berada dalam kondisi yang sehat dan selamat.

Ibu hamil yang mengkonsumsi kurma akan mengalami kemudahan dalam proses persalinan yakni:

  • Pembukaan mulut rahim yang cenderung terjadi lebih cepat.
  • Memiliki selaput ketuban yang lebih kuat sehingga resiko terkena ketuban pecah dini juga menurun.
  • Membantu proses persalinan normal tanpa memakai alat bantu seperti induksi.
  • Kandungan oksitosin pada kurma membuat tubuh memiliki kadar oksitosin yang cukup untuk melahirkan.
  • Durasi proses persalinan yang jauh lebih cepat.

Mugi bidan berasal dari Yogyakarta ini menyebutkan bahwa dirinya merekomendasikan kurma bagi ibu sejak usia awal kehamilan hingga menjelang proses persalinan sebanyak 7 butir kurma sebelum sarapan pagi. Tak hanya bisa membantu proses persalinan, hal ini juga akan membantu mengatasi masalah lainnya seperti sembelit dan mual-mual.

Penelitian lainnya juga dilakukan oleh University of Science and Technology Jordan pada tahun 2011 juga menunjukkan manfaat kurma bagi ibu hamil. Dalam penelitian yang hasilnya dipublikasikan dalam jurnal PubMed ini, bahwa ibu hamil yang rutin mengkonsumsi kurma cenderung mengalami proses persalinan yang lebih lancar dan menurunkan kebutuhan induksi atau berbagai bantuan medis lainnya saat melahirkan.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *