Mengatasi Perut Kembung Pada Bayi

Bayi yang perutnya kembung menyebabkan si bayi perutnya tak nyaman sehingga rewel dan menangis. Sebenarnya kembung pada bayi yang usianya 3 sampai 4 bulan ialah hal yang wajar, karena memang pada saluran pencernaan bayi belum berfungsi dengan sempurna. Seiring bertambahnya usia bayi, bayi itu akan sering mengalami perut kembung dikarenakan mulai mencoba makanan yang berbeda untuk awalnya.

Terdapat gas atau udara pada bagian perut, namun akan menjadi masalah bila gas di dalamnya berlebih. Pada anak yang sudah besar atau juga orang dewasa, gas tersebut bisa dengan mudah dikeluarkan. Tapi pada bayi ini, tak semua bayi bisa dengan mudah mengeluarkan gas dari dalam perutnya itu, mereka membutuhkan sedikit bantuan untuk mengeluarkannya.

Bayi yang rewel atau menangis tanpa alasan, coba periksa bagian perutnya. Bila perut bayi anda agak keras dan buang-buang angin ini tandanya perut bayi anda kembung. Gerakan bayi yang menggeliat dan melekungkan punggung ke belakang dan mengangkat kedua kakinya, bisa juga menjadi pertanda bayi kembung.

Beberapa cara yang bisa coba dan lakukan pada bayi anda yang kembung. Pertama, letakkan bayi anda di kasur dengan posisi tidur

Anda juga bisa mencegah munculnya perut kembung pada bayi tercinta anda. Yaitu dengan cara setelah bayi minum susu, gendonglah bayi anda dengan posisi terlentang, angkat kedua kakinya lalu gerakan seperti sedang mengendarai sepeda. Gerakan ini bisa membantu mengeluarkan gas dari perut bayi.

Cara lainnya yang bisa anda lakukan ialah dengan memijat perlahan perut bayi anda dengan gerakan yang searah jarum jam. Sama dengan seperti gerakan sebelumnya, cara ini bisa dilakukan dengan posisi tidur. Selain itu, Anda juga dapat mengusap-usap punggungnya dengan meletakkan bayi anda di atas pangkuan Anda dengan posisi perut menghadap ke bawah.

Masuk angin tak hanya kerap dialami orang dewasa, bayi pun rentan mengalaminya. Perut kembung, gelisah, dan rewel menjadi tanda jika bayi menderita masuk angin. (Foto: ibudanmama)
Masuk angin tak hanya kerap dialami orang dewasa, bayi pun rentan mengalaminya. Perut kembung, gelisah, dan rewel menjadi tanda jika bayi menderita masuk angin. (Foto: ibudanmama)

Anda juga bisa mencegah kembungnya bayi anda. Dengan cara setelah bayi anda minum susu, gendonglah bayi anda dengan posisi tegak biar susu bisa secara perlahan lancar masuk ke dalam perut bayi sehingga tidak menimbulkan masalah perut bayi anda.

Daripada itu, susui bayi Anda sebelum merasa lapar. Hal itu dapat meminimalkan kemungkinan terjadinya perut kembung pada bayi akibat masuk angin.

Kembung pada perut bayi juga dapat menjadi tanda masalah pencernaan yang serius, oleh karena itu bila bayi semakin rewel, muntah, sulit untuk buang air besar, atau bahkan demam, disarankan Anda langsung memeriksakannya pada dokter.

Bayi yang kembung disebabkan oleh beberapa hal , seperti dari makanan yang di konsumsi ibu terutama pada bayi yang masih menyusui pada ibunya, makanan yang dikonsumsi bayi apa sudah sesuai yang dibutuhkan pada si bayi , Minuman selain asinya apa dan minum air yang cukup akan melancarkan pencernaan dan membantu bayi membuang kotorannya , pada dot bayi juga cermati dot yang pas buat bayi anda.

Anda tak perlu khawatir bila bayi anda rewel dan bagian perutnya terasa keras, anda bisa lakukan cara yang di atas. Namun bila ada hasilnya dan bayi masih terus menangis , sebaiknya periksakan bayi anda ke dokter.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *