Mengatasi Diare Pada Anak

Deangan datangnya musim hujan, maka sebagai orang tua harus menjaga kesehatan anak. Hal ini di karena kan biasanya pada musim hujan banyak sekali anak terserang penyakit, salah satunya adalah terkena diare. Namun anda tidak perlu khawati karena banyak sekali cara untuk mengatasi diare pada anak, mulai dari perawatan di rumah sampai dengan meminta obat ke dokter.

Biasanya diare ditandai dengan encernya kotoran yang dikeluarkan pada saat buang air besar serta sering sekali merasa mules untuk BAB. Faktor penyebab diare secara umum adalah di karenakan terjadi infeksi pada usus, hal tersebut bisa dikarenakan mengkonsumsi makanan dan minuman yang tidak bersih sehingga kuman-kuman yang ada di dalam makanan tersebut membuat infeksi pada usus anda, untuk itulah kita sebagai orang tua harus selalu menjaga kebersihan pada anak kita. Namun jika pada saat ini anak anda sudah terkena diare anda tidak perlu khawatir, karena di sini kami akan memberikan bagaimana cara mengatasi diare pada anak.

Berikut adalah beberapa cara yang bisa anda gunakan :

  1. Perbanyak Minum Air Putih

pada saat anak terkena diare hal ini dapat menyebabkan dehidrasi pada diri anak anda, untuk itulah untuk mencegah kondisi anak anda semakin parah. Berikan anak anda minum air putih secara teratur sehingga akan terhindar dari kekurangan cairan

 

  1. Buat minuman Dari Kunyit

Penyakit diare yang pada anak dapat di sembuhkan dengan minum air perasan kunyit, yang mana kunyit sendiri memiliki senyawa yang dapat membunuh bakteri yang menyebabkan ifeksi pada usus anak anda. namun jika sang anak tidak suka dengan kunyit, anda bisa menambahkannya dengan madu supaya rasanya menjadi lebih enak.

 

  1. Berikan Youghurt

Youghurt dapat menyembuhkan anak dari diare secara alami, hal ini dikarena di dalam youghurt terdapat banyak sekali bakteri baik yang mana bakteri tersebut dapat melawan bakteri yang menyebabkan infeksi pada usus. Namun youghurt hanya bisa di berikan pada anak yang usianya di atas satu tahun.

 

  1. Memberikan Buah Apel

Buah apel memang memiliki banyak sekali manfaat, salah satunya adalah untuk mengatasi diare pada anak. Namun buah apel yang digunakan untuk mengobati diare pada anak harus yang belum matang, sehingga khasiatnya dapat lebih utuh dan dapat segera menyembuhkan diare pada anak anda.

 

Baca juga : Cara mengatasi anak yang sulit makan

 

Tentunya masih banyak sekali cara bagaiman mengatasi diare pada anak, namun sebaik-baiknya mengobati masih lebih baik dari mencegah. Untuk itulah kita sebagai orang tua harus selalu menjaga kesehatan anak kita, mulai dari lingkungan yang harus bersih sampai dengan apa saja yang di konsumsi oleh anak kita harus tetap bersih dan sehat, sehingga berbagai macam penyakit tidak dapat menyerang anak kita.

 

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *