Mengatasi anak yang sulit makan

Banyak sekali anak yang mengalami susah makan, tentunya hal ini membuat orang tua khususnya pada ibu sangat khawatir untuk itulah mereka selalu mencari cara untuk mengatasi anak yang sulit makan. Banyak sekali cara yang bisa di lakukan untuk mengatasi masalah tersebut, namun perlu anda ketahui bahwa ada beberapa penyebab kenapa bayi sulit sekali makan. Nah sebelum anda mengetahui bagaimana cara mengatasi anak yang sulit makan, berikut adalah beberapa penyebab dari bayi sulit makan. Baca juga : manfaat minum air putih setelah bangun tidur

  1. Sedang tumbuh gigi

Penyebab anak mengalami sulit makan adalah karena terdapat gangguan fisik yang dapat menurunkan minat mereka untuk makan, salah satunya adalah pada saat mengalami tumbuh gigi. Untuk itulah ibu perlu mengantikan makanan mereka dengan makanan yang bertekstur lebih kasar.

2. Rasa Ingin Tahu Yang Besar

Masa perkembangan bagi anak merupakan perkembangan rasa ingin tahu yang tinggi akan dunia luar sehingga hal ini dapat menyebabkan anak males untuk makan. Untuk itulah anda perlu memberikan hal-hal yang baru pada anak anda supaya tidak merasa bosan.

3. Sedang Pilek

Penyebab anak sulit makan yang selanjutnya adalah kondisi tubuh anak yang tidak fit seperti terkena pilek, nah hal ini lah yang dapat mempengaruh nafsu makan anak anda.

Itulah beberapa fakto yang dapat menyebakan anak sulit makan,  setelah anda mengetahui faktor di atas pastinya sudah tau kan bagaimana mengatasi anak yang sulit makan ? namun supaya  lebih jelas, coba perhatikan cara dibawah ini :

  1. Memberikan Variasi Makan

Dikarenakan pada usia tersebut rasa ingin tahu anak  tinggi tentunya anda harus memberikan beberapa variasi makan. Hal ini bertujuan supaya sang anak tidak merasa bosan dengan makan yang itu-itu saja.

  1. Buat Suasana Makan Menjadi Lebih Menyenangkan

Pada saat makan hindari perbuatan yang mengancam atau menakuti-nakuti sang anak suapaya  sang anak tidak merasa malas jika waktu makan telah tiba, buatlah suasana yang menyenangkan sehingga sang anak merasa nyaman pada saat makan.

  1. Berikan Hadiah Setelah Makan

Cara selanjutnya yakni dengan memerikan hadiah ketika anda sudah selesai maka, janji untuk di berikan sesuatu jika anak  mau untuk makan. Maka secara otomatis anak akan segera makan.

  1. Buat Jadwal Makan Yang Teratur

Dengan membuat jadwal makan secara teratur dapat membuat anak  sadar kapan waktu mereka makan, selain itu dengan memberikan hal tersebut dapat membantu sang anak untuk berlaku disiplin dan teratur.

Itulah hal-hal yang dapat orang tua lakukan dalam mengatasi anak yang sulit makan, tentunya orang tua harus selalu memperhatikan asupan makanan yang di berikan kepada anaknya supaya sang anak dapat berkembang dengan baik.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *