Manfaat Temulawak

Tanaman temulawak memang selama ini sudah terkenal sebagai obat asli Indonesia yang baik untuk kesehatan. Dan tak perlu di ragukan sudah sejak nenek moyang kita memanfaatkan temulawak ini sebagai obat herbal.

Rimpang atau yang disebut akar ini adalah bagian yang banyak dimanfaatkan. Akar temulawak inilah yang di olah dengan cara yang berbeda-beda dan dimanfaatkan sebagai obat herbal. Berikut ini beberapa manfaat tanaman temulawak yang baik bagi kesehatan tubuh kita.

  1. Mengurangi radang sendi

Kandungan kurkumin pada temulawak baik untuk kesehatan tubuh terutama dalam hal mengurangi radang sendiri.

  1. Menjaga kesehatan hati

Temulawak sangat baik untuk menjaga kesehatan atau memelihara kesehatan hati anda. Kandungan  katatoga inilah yang membantu melancarkan produktifitas hati memproduksi empedu serta memberi ransangan agar mengosongkan empedu. Sehingga manfaat temulawak ini sangat baik untuk kesehatan hati anda.

  1. Menurukan lemak darah

Dengan ekstrak temulawak dan fraksi kurkuminoid yang ada pada temulawak dapat menurunkan kolestrol  dengan bigitu dapat menurunkan lemak darah juga.

  1. Mengobati penyakir maag

Untuk mengatasi maag ini, siapkanlah tanaman temulawak 1 rimpang. Cucilah hingga bersih lalu bunag kulitnya, setelah itu irislah tipis-tipis lalu rebus dengan air kira-kira 5 gelas. Setelah rebusan mendidih diamkan hingga dingin setelahnya minum airnya  secara rutin untuk mendapatkan khasiatnya.

  1. Melancarkan percenaan

Konsumsilah temulawak ini bila anda mempunyai masalah percernaan seperti perut kembung ataupun masuk angin dapat diatasi dengan tanaman temulawak ini.

  1. Mengatasi kanker

Tanaman ini dipercaya bisa menghambat pertumbuhan atau perkembangan kanker prostat, dimana temulawak bekerja dengan menghentikan darah yang mendukung tumbuhnya kanker.

  1. Menyehatkan jantung

Tanaman temulawak atau disebut juga curcuma ini memang banyak menfaatnya untuk kesehatan organ jantung. Tak perlu diragukan lagi temulawak memang mempunyai kandungan yang sangat baik bagi kesehatan tubuh kita dan tak terkecuali kesehatan jantung kita ini.

  1. Mengatasi gangguan ginjal

Dengan mengkonsumsi tanaman temulawak ini secara rutin maka manfaat temulawak ini tak  perlu di ragukan untuk kesehatan ginjal. Bila secara rutin dikonsumsi maka gangguan ginjalpun akan dapat teratasi dengan baik. Buatlah ramuan dari temulawak dengan cara yaitu siapkan temulawak 2 rimpang, 1 genggam daun meniran, daun kumis kucing 1 genggam, 1 genggam daun meniran serta gula batu secukupnya dan bisa disesuaikan  bila ingin membuat banyak.

Cuci sampai bersih semua bahan tadi terkecuali gula batu, temulawaknya diris tipis-tipis. Kemudian campur semua bahan lalu rebus dengan menggunakan air sekiran 1 liter. Setelahnya tunggu sampai air tertinggal  hanya tinggal setengah dari awal yang tadi, angkatlah lalu saring air rebusan tadi. Dan minumlah air rebusan yang sudah di saring tadi secara rutin setiap harinya ya.

Itulah beberapa manfaat dari tanaman obat herbal temulawak ini yang mungkin wajib anda ketahui.

Semoga bermanfaat.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *