Manfaat Temu Putih Bagi Kesehatan

Temu putih adalah sejenis tanaman rimpang seperti jahe, kunyit dan lainnya yang punya nama ilmiah Curcuma Zedoaria yang merupakan tanaman asli dari Indonesia dan india. Banyak manfaat atau khasiat yang dapat kita temukan pada tanaman ini. Tanaman rimpang ini biasa digunakan sebagai bahan industri misal seperti bahan untuk perwarna makanan, pembuatan parfum dan campuran beberapa jenis obat.

Adapun ciri-ciri dari tanaman temu putih ini.

  1. Kulitnya berwarna coklat tipis atau orange terang
  2. Akarnya berimpang
  3. Baunya mirip dengan manga atau kunyit
  4. Mempunyai bunga warnanya kuning
  5. Daunnya berbentuk bulat telur disertai bintik bewarna ungu dan panjangnya 1 sampai 2 meter
  6. Bijinya berbentuk tombak atau oval
  7. Buahnya terbentuk seperti segitiga dan bulat telur

Walau asalnya dari Indonesia dan india , akan tetapi tanaman ini banyak digunakan negara lain sebagai bumbu masakan. Tanaman ini sudah dibudidayakan pada daerah subtropis sepeti Himalaya timur, Nepal dan karnakata. Tak juga masakan , namun untuk kesehatan di percaya dipenjuru Indonesia efektif untuk banyak jenis keluhan penyakit.(baca juga : manfaat daun sirsak dan kulit manggis)

Banyak kandungan bahan aktif pada temu putih ini yang memang di dipercaya banyak manfaatnya pada dunia kesehatan seperti rimpang  zat berwarna kuning kurkumin atau diarillheptanoid , minyak atsiri , turunan guaian, turunan germakaran, asam metoksisinamat, kurkumanolid dan lain-lainya.

Adapun sifat kimia yang ada pada temu putih seperti :

  • Antimikroba yang untuk menghambat perkembangan bakteri
  • Antikanker yang untuk menghambat tumbuhnya serta mematikan sel kanker dalam tubuh.
  • Antiflamasi yang untuk mencegah terjadinya peradangan
  • Antioksidan yang untuk menangkap superoksida serta menghambat lipidperoksida atau LPO tanpa karangenin
  • Hepatoprotektor yang untuk memberi perlindungan organ hati akibat kondis seperti sesquiterpen.

Dari banyaknya kandungan pada temu putih ini tak heran banyak manfaatnya untuk berbagai macam penyakit, Berikut beberapa penyakit itu.

  1. Mengobati penyaki kanker

Zedoarin, kurdonia dan kurkumol yang terkandung pada temu putih ini akan bertindak sebagai antineoplastik pada sel dan jaringan kanker. Yakni dengan meningkatkan pembentukan jaringan fibroblast liar pada sekitar jaringan kanker,  serta membentuk membungkus lapisan limfosit dalam sel jaringan kanker sehingga sel jarinagan kanker tak bisa tumbuh lalu akhirnya sel kanker mati dan tak lagi berbahaya.

  1. Pengobatan gejala arthritis

Kandungan kloroform dan pretroleum dari ekstrak akar temu putih bisa mengurangi kecemasan, iritasasi, meningkatkan niat berjalan, dan mengurangi pembengkakan sendi pada seorang penderita arthritis.

  1. Mengobati mion

Penyakit mio ini merupakan jenis tumor jinak yang tumbuh pada otot dinding Rahim wanita. Hal ini menyebabkan ketidaknyamanan panggul, pendarahan berat dan dapat menciptakan tekanan pada organ lainnya pada beberapa wanita. Minumlah ramuan dari rebusan temu putih yang di campur dengan  temu manga , minumlah 2 sampai 3 gelas kali sehari sesudah makan.

  1. Mengurangi gejala maag

Caranya rutinlah mengkonsumsi rebusan temu putih yang dicampur madu dan minumlah saat masih hangat.

  1. Melancarkan peredaran darah
  1. Penambah nafsu makan
  1. Mengobati peradangan

Kandungan kurkuminnya efektif mengurangi peradangan baik yang kronis maupun yang sudah akut.

Nah itulah beberapa manfaat dari temu putih, sebenarnya masih banyak manfaat dari tanaman ini untuk berbagai keluhan penyakit. Namun demikan artikel ini semoga membantu pengetahuan anda

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *