Manfaat Sehat Kulit Semangka

Suarabandung.com – Semangka merupakan salah satu buah yang digemari oleh masyarakat. Hal ini disebabkan oleh rasa buah ini yang manis dan segar. Buah ini kaya akan kandungan air dan terdapat banyak sekali nutrisi menyehatkan yakni vitamin A, C, B6, dan potassium, magnesium, lycopene, serta berbagai nutrisi sehat lainnya.

Banyak orang yang memilih untuk mengkonsumsi daging buah semangka yang berwarna merah atau kuning saja.

Menurut hasil penelitian yang dilakukan di University of Texas yang ada di Austin, Amerika Serikat, pada tahun 2005, kulit semangka ternyata bisa dikonsumsi dan kaya akan kandungan sehat. Jika kulit semangka ini dimakan, maka kita pun akan mendapatkan berbagai manfaat sebagai berikut.

Mengatasi batu ginjal

Mengandung kalium yang tinggi dan bisa mengendalikan kadar asam dalam urine, mengeluarkan racun pada ginjal, membantu meluruhkan batu ginjal secara alami.

Mengatasi masalah berat badan

Jika anda memiliki masalah kelebihan berat badan, sebaiknya mengkonsumsi kulit semangka sebagai salah satu bagian program diet. Hal ini disebabkan oleh tingginya kandungan serat dalam kulit semangka yang bisa membuat kita lebih mudah kenyang. Kulit semangka kaya akan citrulline yang bisa membuat kita menurunkan kadar lemak dalam tubuh hingga 30 persen.

Melawan peradangan

Kandungan likopen dalam kulit semangka bisa mengatasi peradangan lho. Terdapat pula kandungan beta karoten yang baik bagi kesehatan mata dan asam folat yang bisa menurunkan resiko terkena penyakit jantung, kanker, dan gangguan usus besar.

Mengatasi infeksi saluran kemih

Kulit semangka  ini ternyata memberikan efek hidrasi pada tubuh sehingga bisa mengatasi masalah infeksi saluran kemih

Baik bagi ibu hamil

Ibu hamil makan kulit semangka sangat baik untuk menurunkan masalah morning sickness, pembengkakan, dan rasa tidak nyaman pada perut.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

%d bloggers like this: