Manfaat Sehat Cincau Hitam Bagi Tubuh

Suarabandung.com – Minuman yang paling nikmat untuk dikonsumsi saat siang hari tentu saja es cincau. Terdapat dua jenis cincau yakni cincau hijau dan cincau hitam. Tak hanya menyegarkan tubuh, cincau hitam ternyata kaya akan berbagai manfaat kesehatan.

Salah satu pakar kesehatan menyebutkan bahwa cincau hitam dapat mengatasi masalah panas dalam sekaligus menjaga kesehatan saluran pencernaan. Hal ini disebabkan oleh kandungan cincau yang berupa karbohidrat, kalsium, fosfor, vitamin A, B1 dan C, air, dan mineral.

Cincau hitam sangat direkomendasikan untuk mereka yang sedang menjalani program diet karena rendah kalori dan kaya akan serat lho.

Selain itu, kandungan serat larut air di dalam cincau hitam juga disebut-sebut mampu mengikat gula, lemak, hingga kolesterol. Dengan mengkonsumsi cincau tentu akan menurunkan resiko terkena berbagai penyakit berbahaya layaknya diabetes, penyakit jantung, stroke, dan masalah kardiovaskular lainnya.

Namun, sebaiknya anda tidak menambahkan gula atau pemanis lainnya pada minuman cincau yang akan konsumsi, anda bisa menambahkan potongan buah untuk menambah cita rasanya.

Nah, jika anda ragu dengan cincau hitam yang beredar di pasaran, anda bisa membuat cincau sendiri. Caranya pun mudah yakni merebus air perasan daun cincau. Kemudian biarkan air perasan cincau ini mengeras dan mendingin hingga menjadi agar-agar, anda bisa campuran minuman atau hidangan penutup.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *