Manfaat Sambiloto Turunkan Tekanan Darah

Andrographis paniculata Ness adalah nama latin dari tumbuhan sambiloto, asal mula tumbuhan sambiloto disinyalir dari asia tropika. Dari Negara India sampai meluas ke selatan siam, ke timur sampai dengan Malaya kemudian di temukan di Jawa.

Tumbuhan sambiloto merupakan tumbuhan liar yang punya banyak manfaat yang bisa mengobati banyak penyakit. bila anda mencari tumbuhan ini akan lebih muda karena sambiloto ini merupakan tumbuhan liar yang mudah ditemukan di tempat-tempat seperti tanah kosong yang lembab , kabun, tepi sungai atau sebuah pekarangan.

Kandungan serta ciri-ciri tumbuhan sambiloto

Daun sambiloto ini mengandung flavonoid dan laktone, laktone ini diperoleh dari daun sambiloto dan cabangnya, masing-masingnya terkandung andropraholide(zat pahit), deoxyandrographoldie, 14-deoxyn, homoandrographolide dan didehydrographolie . terdapat juga seperti keton, akane, mineral (kalium,kalsium,natrium), aldehid, asam kersik dan damar. Flavonoid sendiri yang paling banyak dari akar seperti andrgrafin, polimetoksiflavon, panikulin, mono-0-metiwithin serta apigenin-7, 4-dimetiler.

Ciri-ciri dari tumbuhan sambiloto ini yaitu daunnya tunggal  tangkainya pendek, letaknya silang berhadapan berbentuk lanset dengan pangkal dan ujungnya runcing serta permukaan atasnya hijau tua. Bunganya resemosa yang cababnya membentuk malai yang keluar dari ujung batang atau dari ketiak daun bentuknya berbibir tabung warnanya putih. Buahnya kapsul bentuknya corong dengan panjang sampai 1,5 cm dan lebarnya 0,5 cm serta ujung dan pangkalnya beberbentuk tajam.

Sambiloto biasa digunakan untuk mencegah pembentukan radang serta mempelancar air atau diuretika. Berikut beberapa manfaat dari sambiloto ya.

  1. Mencegah penyakit kanker

Daun sambiloto ini bisa mengobai trofoblas seperti hamil anggur atau mola hidatisoda serta penyakit tumor troflobas atau troflobas ganas dan tumor paru yang merupakan penyebab terjadinya kanker selain daun sambiloto daun pecah beling juga dapat mengobati kanker

  1. Antipiretika atau menurunkan panas pada badan

Kandungan antiperika pada daun sambiloto ini di percaya sangat mujarab untuk menurunkan panas dalam.

  1. Efektif untuk tifus

Daun sambiloto ini juga di yakini dapat digunakan sebagai obat dari penyakit tipus yaitu dengan mengkonsumsi air rebusan dari daun sambiloto. Caranya ambil 10 sampai 15 belas daun sambiloto kemudian rebus dengan air secukupnya sampai mendidih dan minum air rebusannnya saat sudah dingin.

  1. Menurunkan tekanan darah

Dengan kandungan senyawa kalium pada sambiloto di percaya memberikan khasiat menurunkan tekanan darah anda. Pada percobaan farmakologi menunjukkan hasil bahwa air rebusan dari daun sambiloto 10 persen dengan tekanan 0,3 ml/kg berat badan bisa memberikan kadar gula darah yang sama atau sebanding disertai pemberian suspensi glibenclamid.

Manfaat dari daun sambiloto lainnya yang tak kalah penting adalah antara lain : Mengobati malaria, mengatasi gatal – gatal, menjaga stamina meningkatkan daya tubuh, mengatasi diare, mengobati sakit gigi hingga sampai diabetes.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *