Manfaat Pijatan Bagi Bayi

Pijat bayi, mungkin terdengar aneh ditelinga kita. Bayi kok dipijat? Tidak hanya orang dewasa yang ingin dipijat bayi pun juga akan merasa rileks jika dipijat. Banyak manfaat yang diberikan dari memijat bayi baik itu untuk kesehatan bahkan untuk perkembangan si mungil kedepannya. Pijat bayi adalah sebuah teknik relaksasi bagi bayi yang sudah sejak lama di percaya oleh kalangan orang tua tidak hanya bermanfaat bagi kesehatan dan perkembangan si bayi tetapi juga sangat bermanfaat untuk perkembangan otak, panca indra, dan perkembangan mental si mungil. Banyak penelitian telah membuktikan pijatan yang dilakukan oleh seorang ibu kepada buah hatinya dapat menjadi perangsang utama bagi perkembangan otak si kecil bahkan sentuhan secara berkala yang diberikan sang ibu kepada si buah hati dapat membantu pembentukan struktur dasar otak yang sehat dan menguatkan emosi antar ibu dan si bayi.

Manfaat Pijat bagi Si Mungil

  1. Membuat Si Mungil Lebih Sehat

Pijatan yang dilakukan untuk bayi dapat membuat bayi lebih sehat dan tidak gampang sakit, manfaat yang diberikan adalah meningkatkan sistem kekebalan, memperlancar peredaran darah, memperbaiki pernapasan, dan membantu proses pencernaan si bayi.

  1. Bagus Untuk Pertumbuhan Si Mungil

Pemijatan bagi si bayi sangat berguna bagi pertumbuhannya seperti dapat meningkatkan berat badan si bayi, bahkan penelitian mengatakan bayi prematur yang dipijat secara teratur dapat meningkatkan berat badan hingga 47%.

  1. Membuat Si Mungil Lebih Tenang

Si mungil akan lebih merasa rileks saat di pijat sama halnya dengan orang dewasa, bahkan si bayi akan tertidur lelap saat di pijat.

  1. Tidur Si Mungil Lebih Teratur

Dengan kita memijat bayi secara teratur dan rutin dapat menjaga pola tidur si bayi sehingga si bayi akan terlihat lebih segar karena pola tidurnya yang teratur. Dan juga membuat si bayi tidak mudah terkena penyakit.

Selain beberapa manfaat yang disebutkan di atas yang tidak kalah pentingnya dalam pemijatan bayi adalah dapat meningkatkan stimulus kesadaran bayi. Stimulus kesadaran disini adalah si bayi dapat mengoptimalkan kemampuannya dalam mengembangkan panca inderanya.

  1. Indera Penglihatan

Pijat bayi dapat merangsang indera penglihatan si bayi seperti dapat melihat dan merekam ekspresi orang-orang yang ada di dekatnya. Maka dari itu sebaiknya pijat bayi dilakukan olah sang ibu selain dapat merangsang indera penglihatan si bayi juga dapat memandang wajah sang ibu dan menekan stress pada bayi.

  1. Indera Peraba

Pijatan yang diberikan kepada si bayi dapat merangsang syaraf dan oto untuk disampaikan kepada otak, sehingga dapat merangsang perkembangan fisik dan otak.

  1. Indera Pendengaran

Sebaiknya saat melakukan pemijatan alangkah baiknya jika sang ibu sambil menyayikan sang bayi karena suara-suara selama pemijatan dapat melatih pendengaran dan membanun struktur pendengaran yag baik.

  1. Indera Pengecap

Pemijatan pada bagian perut sangat berguna yaitu dapat memperlancar pencernaan si bayi tetapi hindari pemijatan di area wajah karena ditakutkan sabun akan masuk ke wajah.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *