Manfaat di Balik Asamnya Buah Kedondong

Rasa asam pada buah kedongdon biasanya memberikan efek ngilu pada gusi atau memejamkan mata seketika karena rasa asamnya. Sebagian orang tidak menyukainya karena terlalu asam, tapi sebagia lainnya menyukai buah ini.

Kedondong biasa ditemui dalam rujak yang terdiri dari beragam buah-buahan. Di balik rasa asamnya yang khas, kedongdong ternyat bermanfaat untuk kesehatan yang jarang diketahui dilansir  laman Indo Indians. Berikut penjelasannya.

Meningkatkan Sistem Imun

Buah Kedongdong memiliki rasa asam yang mengandung vitamin C. Vitamin C membantu meningkatkan sistem imun. Tak hanya itu, kedondong pun bisa memperbaiki kolagen dalam tubuh yang mempercepat penyembuhan luka.

Menyembuhkan Batuk

Daunnya pun ternyata bisa digunakan sebagai obat untuk menyembuhkan batuk. Rebus 3-4 daun dalam dua gelas air. Setelah matang, campurkan dengan madu. Bisa juga dengan menggunakan buahnya. Setelah dipotong, peras buah dengan kain bersih. Setelah airnya keluar, masukan sedikit garam.

Mengobati Masalah Pencernaan

Kedondong mengandung serat yang dapat memperlancar pencernaan. Jus kedondong dapat membatu penderita sembelit dan gangguan pencernaan lainnya. Kandungan airnya yang tinggi bisa mencegah dehidrasi dan membantu pencernaan.

Sumber Energi

Di balik rasanya yang asam kedondong mengandung gula yang tinggi dalam bentuk sukrosa. Kedondong menyediakan energi instan bagi yang mengonsumsinya. Dengan mengonsumsi kedondong dapat meningkatkan vitalitas dan daya tahan tubuh Anda.

Menurunkan Berat Badan

Buah kedongdong juga kerap kali tidak disukai orang karena dapat menurunkan berat badan. Kedondong memiliki lemak yang rendah, karbohidrat, dan tinggi serat. Nutrisinya tentu saja sangat tinggi.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

%d blogger menyukai ini: