Manfaat Daun Sirsak Dan Kulit Manggis

Manfaat daun sirsak dan kulit manggis bagi kesehatan yaitu kemampuannya untuk mengobati banyak penyakit, baik itu penyakit yang kronis maupun non kronis yang aman dan tanpa efek samping. Kandungan senyawa di dalamnya yang berperan sebagai pengobatan dan pencegahan berbagai macam penyakit degenerative. Manfaat daun sirsak untuk kesehatan antara lain mampu mengobati asam urat, ambien, ginjal, darah tinggi , stroke, jantung, liver, radang paru-paru, diabetes, keputihan, komplikasi dan yang luar biasa ialah manfaat daun sirsak sebagai anti kanker.

Manfaat paling luar biasa dari daun sirsak ialah sebagai antikanker itu. Beberapa penelitian mengungkapkan bahwa daun sirsak memiliki kandungan senyawa antikanker yang dinamakan acetogenins. Acetogenins memiliki daya kerja 10 ribu kali lipat dalam menghambat pertumbuhan sel kanker di banding kemoterapi yang mengunakan adriamicyn.

Daun sirsak ini menghambat sel kanker dengan selektif , daun sirsak hanya akan mematikan sel kanker namun tanpa melukai sel yang sehat. Dan daun sirsak tak akan menimbulkan efek samping seperti yang biasa terjadi pada penderita yang menjalani kemoterapi. Berat badan penderita berkurang, sering mual serta rambut rontok tak akan terjadi dengan pengobatan daun sirsak ini.

Manfaatnya ditujukan dengan reaksi daun sirsak yang begitu sigap untuk menghadang tumbuhnya sel kanker. Berikut cara kerja daun sirsak sebagai anti kanker yaitu:

  • Inaktivasin oksigen yaitu manfaat daun sirsak bisa menonaktifkan yang bisa menyebabkan kanker.
  • Penghambat siklus sel yaitu pada kanker bisa terjadi tak berhasilnya pengendalian pembelahan sel kanker. Sel akan mengalami pembelahan cepat dan terus menerus.
  • Antiprofilasi yaitu bisa menghambat proses banyaknya sel abnormal pada penyakit kanker.
  • Induksi apoptosis dan diferansiasi yang bisa merangsang proses bunuh dirinya pada sel kanker tersebut.
  • Inghibi angiogenesis yang bisa memhambat pembentukan pembuluh darah baru pada sel kanker berperan dalam menyediakan nutrisi atau makan untuk perkembangan sel kanker

Seperti itulah cara kerja dan manfaat daun sirsak sebagai antikanker yang ampuh menghambat sel kanker dengan kekuatan 10 ribu kali lipat dibanding kemoterapi.

Manfaat kulit manggis :

Di dunia pengobatan tradisonal kulit manggis terkenal akan zat antioksidannya, bagaimana tak terkenal. Pasalnya pada kulit manggis ini terdapat banyak kandungan senyawa antioksidan yang lebih tinggi dari buah apapun ini dapat mengobati berbagai jenis penyakit seperti contohnya stroke, jantung, diabetes, hipertensi bahkan kanker.

Mengenai fakta tentang manfaat kulit manggis untuk obat kanker yang menjadi topik pada dunia pengobatan ini telah dibuktikan dengan adanya penelitian yang sudah dilakukan. Seorang peneliti dari institut Bioteknologi Gifu Jepang yaitu Akao yukiro mengungkapkan. Alfamangostin yang ada pada senyawa xanthone kulit manggis mempunyai peranan yang bisa mengendalikan sel kanker pada tubuh dengan mekanisme apotosis atau lebih umum proses bunuh diri. Daripada itu alfamangostin juga mengaktifkan sistem kekebalan tubuh manusia dengan merangsang sel pembunuh alami yang berfungsi membunuh virus terutama sel kankernya.

Dr. Agung Endro Nugroho MSi Apt dari fakultas farmasi UGM, mengungkapkan bahwa kulit manggis mengandung lima puluh senyawa xanthone. “Yang paling banyak memiliki efek farmakologis Dari ke 50 senyawa itu ialah gammamangostin, alfamangostin dan garsinon-E,” ungkap Agung Endro. Gammamangostin dan alfamangostin ini memiliki efek antioksidan yang mampu menghambat proliferasi sel kanker dengan mengktivasi enzim kaspase 3 & 9 yang mengakibatkan terjadi apoptosis atau program bunuh diri sel kanker itu”.

Hasil penelitian tersebut tak hanya sampai di situ, bahkan penelitian manfaat kulit manggis sebagai obat untuk penyakit HIV sampai saat ini  masih dalam proses penelitian. manfaat kulit manggis untuk obat kanker sudah telah dibuktikan oleh para pengguna yang memanfaatkan kulit manggis ini untuk mengobati penyakit kronis mereka.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *