Manfaat Daun Senggugu Mengobati Asma

Tanaman senggugu merupakan tanaman liar yang mempunyai nama ilmiah clerodendron serratum. Di daerah jawa tanaman senggugu merupakan bahan utama yang biasanya untuk terapi  dan pengobatan gurah. Gurah dari daun senggugu ini biasanya di manfaatkan oleh para qori atau penyanyi supaya suara mereka menjadi merdu dan tak serak, dimana racun dan lendir-lendir akan bisa keluar dari tenggorokan dan saluran nafas.

Gurah juga diyakini dapat membantu mengatasi banyak penyakit yang hubungannya dengan saluran napas seperi asma, batuk, bronchitis, sinusitis. Juga termasuk membuat bagus suara dengan menjadikan saluran pernapasan menjadi longgar. Bagian dari dari akar dan daun senggunggu yang biasanya digunakan bahan utama dari gurah.

Segungu disinyalir tumbuhan yang asli dari asia tropik, tanaman ini merupakan tumbuhan perdu tegak dengan tinggi biasanya 1 sampai 3 meteran. Dengan batangnya yang berongga berbongkol besar serta warna dari akarnya abu kehitam-hitaman. Tanaman liar ini tumbuh subur pada tempat yang terbuka atau terlindung, dan anda bisa menemukannya di hutan sekunder, padang alang-alngan , tepi jalan, penggir kampuang atau dekat sumber air yang tanahya lembah.

Pada kulit akar, kulit batang dan pada daun tumbuhan senggugu ini memiliki sifat kimiawi. Pada kulit akarnya terkandung manitol, glikosida fenol dan sitosterol. Kulit batangnya mengandung asam oleanolat, senyawa triterpenoid, asam  queretaroat dan asam serratogenat. Sedangakan pada senggugu ini memiliki kandungan alkaloid, flavonoid flavon, kalium dan natrium dengan sifatnya yang pedas, pahit dan sejuk. Efek farmakologis dari daun tumbuhan sigunggu ini adalah untuk infus kesehatan dan daun senggugu diteliti secara in vitro bisa menghancurkan batu ginjal.

Di National Cancer institute of Washington telah dilakukan sebuah penelitian yang menemukan ekstrak air dari tumbuhan senggugu aktif sebagai anti-HIV in vitro. Inilah beberapa manfaat dan khasiat dari tumbuhan senggugu. baca juga : sehat dengan buah naga

  1. Mengobati asma, kencing tidak lancar dan bronchitis

Caranya cucilah sekitar 11 gram akar tumbuhan senggugu lalu potonglah kecil-kecil. Seduhlah bahan dengan 1 cangkir air yang mendidih. Setelah ramuan tadi dingin, minum ramuannya. Dan lakukan pengobatan rutin  ini tiga kali dengan dengan dosis yang sama.

  1. Borok berair

Ambil dan cuci 7 lembar daun tumbuhan senggugu yang segar, kemudian rebus daun tadi dengan 3 gelas sampai mendidih. Setelah dingin gunakan air rebusan tadi mencuci bagian borok anda yang berair.

  1. Mengobati rematik

Ambillah dan cuci bersih daun segar senggugu secukupnya. Tambahkan adas pulo sari lalu tumbuk kedua bahan tadi. Gunakan ramuan tadi sebagai obat gosok dengan menggosokkan ke bagian yang terkena rematik.

  1. Mengobati perut busung atau cacingan

Ambillah daun senggugu 3 lembar atau secukupnya lalu seduh dengan 1 gelas air mendidih tambahkan irisan temulawak dan garam sedikit. Dan minumlah secara rutin selagi hangat.

Tumbuhan senggugu juga dapat mengobati batuk dan menjernihkan suara anda, dan itulah beberapa dari manfaat dari tumbuhan ini.  Demikian uraian  informasi kali ini ya , semoga bermanfaat.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *