Manfaat Daun Pecah Beling

Daun pecah beling merupakan salah satu tanaman obat yang alami dan manfaatnya tak diragukan lagi. Memang tak banyak orang mengenal tanaman ini , tanaman dengan nama ilmiah strobilanthes crispus atau biasa disebut juga keji beling punya ciri-ciri umum yaitu memiliki batang yang beruas berbentuk bulat serta berambut kasar. Tanaman pecah beling ini tumbuh subur pada ketiinggian 50 sampai 1.200 mdpl yang sudah tersebar luas di Indonesia dan madagaskar. Tanah pedesaan yang subur cocok untuk berkembang biaknya tanaman ini.

Dari sekian banya tanaman obat lainnya, pecah beling juga banyak manfaat atau khasiatnya bagi kesehatan. Pecah beling biasa digunakan sebagai obat alami yang bisa mengatasi banyak problematika kesehatan seperti penyakit sambelit, batu ginjal dan melancarkan air seni. Tak hanya itu daun pecah beling ini dipercaya juga dapat mengobati banyak macam penyakit termasuk kecing manis atau diabetes.

Dengan kandungan kalium yang ada pada daun pecah beling, tanaman ini memiliki manfaat melarutkan batu yang asalnya terbentuk dari garam kalsium oksalat pada kantung empedu, ginjal dan kantung kencing. Dengan begitu tak salah bila daun ini dijadikan sebagai obat alami untuk problematika kesehatan. Berikut uraian beberapa manfaat dari daun pecah beling ini.

  1. Mengatasi diare

Daun pecah beling ini dipercaya bisa mengatasi berbagai macam masalah kesehatan pencernaan contohnya diare. Caranya ialah ambil beberapa daun pecah beling lalu rebuslah dengan 2 gelas air tunggu sampai air rebusan tersisa setengah. Bila ramuan sudah dingin, minumlah dengan begitu anda dapat mengatasi diare anda.

  1. Mengobati kanker

Daun dari tanaman pecah beling di percaya dapat menjadi racun bagi sel-sel kanker tanpa merusak sel-sel yang sehat. Walau daun dari tanaman pecah beling ini bisa berperan membantu sebagai obat tradisonal penyakit kanker tak kalah pentingnya penanganan secara medis sangat dibutuhkan  bagi si penderita penyakit kanker.

  1. Mencegah kanker

Tanaman ini juga diketahui banyak memiliki manfaat mencegah kanker. Ini dikarenakan kandungan antioksidan yang tinggi pada tanaman pecah beling menangkal efek buruk dari radikal bebas yang memang salah satu penyebab penyakit kanker.

  1. Melancarkan buang air kecil

Ya daun pecah beling ini bisa melancarkan buang air kecil anda. Caranya ambillah 4-6 lembar daun pecah beling atau secukupny, lalu cuci bersih dan rebus dengan 3 gelas air tunggu sampai kira-kira setengah jam. Setelah itu diamkan air rebusan tadi sampai dingin  dan anda bisa mengonsumsinya 2 hari sekali secara rutin untuk melancarkan buang air kecil anda.

  1. Menghancurkan batu empedu

Sebuah proses biokimiawi yang membawa kalsium, pigmen empedu dan kolestrol itulah yang membentuk batu empedu yang letaknya pada kandung dan saluran empedu. Untuk menghancurkan batu empedu maka rutinlah mengkonsumsi ramuan dari daun pecah beling ini, anda bisa meminumnya 2 kali sehari.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *