Manfaat Daun Kumis Kucing Lancarkan air Seni

Kumis kucing, adalah tanaman yang banyak dijumpai di Negara Indonesia yang masih termasuk golongan family laicaeae/labieate dengan nama latin orthosiphon aristatus. Afrika merupakan asal dari tanaman ini yang kemudian menyebar ke Australia dan asia.

Tanaman ini mempunyai ciri-ciri batangnya basah dan tegak, berakar tunggang, daunnya lonjong dengan panjang sampai 10 cm, pada batang daunnya berselang-seling serta tulang daunnya bercabang, mahkota bunganya berwarna putih keunguan, benang sarinya mencuat keluar, bijinya yang muda berwarna putih kehitaman sedangkan yang tua warna nya coklat kehitaman.

Ditanah subur gembur, berhumus serta memiliki tata air dan udaranya ditanah inilah biasa tumbuh kumis kucing. Minyak astsisi, sapofonin,  saponin, mionositol, sinensetin, zat samak, mioinitol dan kalium merupakan  kandungan zat kimia yang terdapat pada tanaman ini yang diyakini bisa menyembuhkan banyak penyakit.

Inilah beberapa manfaat tanaman obat daun kumis kucing.

  1. Mempelancar keluarnya air kemih

Yang paling ampuh dari manfaat daun kumis kuncing ini ialah untuk proses kencing . yaa salah satu khasiat dari tanaman ini ialah dapat memperlancarkan keluarnya air seni atau air kemih. Bila saluran kencingnya mengalami infeksi maka seseorang itu akan sulit mengeluarkan air seninya. Infeksi ini biasanya terjadi pada kandung kemih dan saluran ginjal. Sebuah Bakteri dengan nama escherisha coli yang bisa hidup pada usus manusia dan kotoran merupakan penyebab utamanya.

Gejalanya mulai dari air seni tak keluar namun ingin kencing , rasanya sakit setelah kencing, air seninya berwarna pekat. Untuk menghilangkan keluhan ini, ambillah 25 gram daun kumis kucing lalu rebus dengan 2 gelas air putih dan sekitaran 15 menit. Bila sudah minumlah setengah gelasan rutin ramuan ini pagi hari dan sore.

  1. Mengobati rematik

Sebuah penyakit yang menyerang otot, urat serta persendiaan.  Dengan pengobatan ini biasanya dapat mengurangi rasa nyeri, peradangan dan memelilhara fungsi dari persendiaan agar dalam kondisi baik.

Masih belum diketahui dengan pasti penyebab penyakit ini, akan tetapi di sinyalir faktor dari genetik, infeksi  dan virus serta perubahan hormon. Gejalanya nyeri di anggota gerak tubuh, ototnya lemah, sendi terasa kaku dan lain-lainnya. Dengan meminum rutin ramuan dari kumis kucing seperti pada poin nomer 1 maka bisa membantu mengobati masalah rematik ini.

  1. Mengobati asam urat

Penyakit asam urat ini biasanya menyerang bagian-bagian persendian seperti sendi jari tangan, sendi kaki, dengkul , tumit, pergelangan tangan dan siku. Adanya konsumsi zat purin yang berlebihan merupakan penyebab penyakit ini. Kristal asam urat akan menumpuk di persendiaan bila kadar asam urat pada tubuh anda kelebihan dan organ ginjal tak mampu mengeluarkan zat purin tersebut. Gejalanya bisa terjadi saat bangun pagi seperti sakit atau nyeri di bagian persendian serta terasa ngilu dan kemerahan pada sendi. Konsumsilah dengan rutin ramuan dari daun kucing kumis agar dapat mengobati asam urat anda dan konsumsi lah makanan penurun asam urat 

Nah itulah manfaat dari daun kumis kucing , yuk hidup sehat dengan herbal 🙂

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *