Manfaat Buah Naga

Buah naga (Pitaya ) berasal dari meksiko tepatnya amerika serikat. Buah naga yang unik bentuknya ini kaya akan nutrisi dan vitamin yang baik untuk kesehatan. Serat pada buah naga juga bermanfaat baik untuk pencernaan tubuh serta mengatur kadar gula darah. Sedangkan biji buah naga yang berwarna hitam ini mengandung asam lemak esensial yang cukup banyak. Sama seperti buah apel , buah naga memiliki zat-zat yang baik bagi kesehatan tubuh sehingga cocok kita konsumsi sehari-hari.(baca juga : manfaat buah tomat untuk ibu hamil )

naga

Ada empat jenis,buah naga  2 jenis buah naga dengan daging berwarna merah dengan warna kulit merah atau merah muda dan 2 jenis buah naga daging berwarna putih dengan warna kulit kuning atau merah. Semua macam buah naga sama-sama punya menfaat yang banyak bagi kesehatan, hanya pada masing-masing jenis sedikit berbeda tingkat nutrisinya. Berikut ini manfaat dan khasiat buah naga unik ini ?

  1. Dapat mencegah kanker

Pasti pernah dengar ada pepatah mencegah lebih baik daripada mengobati. Yaa  dengan anda mengkonsumsi buah naga merah ini secara rutin dapat mencegah kanker. Buah merah begitu kaya akan vitamin C dan antioksidan pertama yang mampu mencegah radikal bebas yang membuat rusaknya sel/DNA yang merupakan penyebab asal mula kanker itu.

 

  1. Dapat mencegah dan mengatasi diabetes

Walau buah naga ini mengandung gula, akan tetapi kadar seratnya yang tinggi masih tetap bermanfaat untuk mencegah serta mengatasi diabetes. Kandungan buah ini lebih dikenal bisa melancarkan pencernaan, sebenarnya ada pula fungsi penting lainnya yaitu mengatur dan mengontrol kadar gulah darah. Vitamin B3 yang terkandung cukup banyak yang bisa membantu mencegah dan mengatasi diabetes terutama pada diabetes yang seing terjadi yaitu diabetes tipe 2.

 

  1. Menyehatkan jantung

Kandungan Phytochemical captin pada buah naga berkhasiat menurunkan jumlah kolestrol jahat dan pula menaikkan kolestrol baik dalam tubuh yang juga biasanya dimanfaatkan untuk pengobatan masalah jantung. Bila anda punya masalah jantung coba konsumsi buah naga ini secara rutin

  1. Menjaga kesehatan tulang

Manfaat buah naga lainnya ialah menjaga kesehatan tulang, walau buah naga ini mengandung kalsium yang tak banyak namun buah ini mengandung zat besi yang cukup banyak. Zat besi sangatlah penting untuk kesehatan tulang dan pada seratus gram buah naga terdapat 8% kebutuhan harian zat untuk tubuh kita.

  1. Menjaga kesehatan mata

Kandungan beta-karoten yang terkandung pada buah naga ini bermanfaat dan cukup aktif menjaga kesehatan mata kita. Bila anda bosen dengan wortel , buah merah ini bisa menjadi alternative untuk menjaga kesehatan mata. Konsumsi buah ini dengan di makan langsung atau diolah menjadi jus sesuai selera .

Itulah beberapa manfaat buah naga , masih banyak manfaat lainnya dari buah naga ini. Demikian artikel kali ini , semoga bermanfaat ya 🙂

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *