Manfaat Buah Apel Untuk Ibu Hamil dan Janin

Buah apel merupakan buah yang cukup digemari oleh orang-orang. Dengan bentuk bulatnya, buah ini memiliki banyak sekali manfaat, terutama bagi wanita yang sedang hamil dan janinnya. Oleh karena itu, buah yang identik dengan warna merah ini dimasukkan di dalam daftar buah-buahan yang sangat sehat dan wajib untuk dikonsumsi setiap hari. Namun, apakah Anda mengetahui apa saja manfaat buah apel untuk ibu hamil dan janin . Oleh karena itu, simaklah ulasan yang ada di bawah ini.

Manfaat Buah Apel

  1. Dapat Membasmi Racun Serta Zat-Zat Berbahaya atau Beracun.

Buah ini kaya akan antioksidan yang sangat baik untuk kesehatan tubuh. Kandungan antioksidan dari buah ini terdiri atas dua jenis, yaitu flavonoid dan polyphenolic. Kedua zat antioksidan tersebut, ternyata terbukti dapat menyehatkan tubuh, terutama bagi seorang ibu yang tengah hamil dan tentunya buah ini juga membantu  untuk mencukupi kebutuhan nutrisi ibu hamil.

  1. Dapat Membantu Mengatasi Sembelit

Masalah pencernaan yang satu ini memang sangat sering diderita oleh seorang ibu yang tengah hamil. Masalah pencernaan ini dapat timbul karena kurangnya mengonsumsi makanan yang mengandung serat. Selain itu, jika hal tersebut dibiarkan saja, maka akan membahayakan janin yang dikandungnya, dikarenakan zat racun yang seharusnya dikeluarkan masih disimpan di dalam sistem pencernaan. Oleh karena itu, ibu hamil wajib mengonsumsi buah apel, karena manfaat buah apel salah satunya adalah dapat mengatasi masalah pencernaan tersebut. Ini karena buah yang identik dengan warna merah ini, memiliki serat yang cukup banyak sehingga dapat membantu melancarkan buang air besar.

  1. Mengurangi Tekanan Darah Tinggi

Seorang ibu yang tengah hamil tidak hanya akan mengalami perubahan fisik saja, melainkan juga perubahan perilaku, terutama dalam hal emosional. Tentunya jika hal tersebut dibiarkan, maka lama-kelamaan akan mengakibatkan tekanan darah tanggi, atau juga sering disebut dengan hipertensi. Untuk mengatasi masalah tersebut, maka para ibu hamil dapat mengonsumsi buah apel, karena buah ini memiliki zat yang dapat menurunkan kolesterol, serta dapat membantu mengontrol tekanan darah. Sehingga, apabila buah ini dikonsumsi secara rutin atau teratur, maka kemungkinkan besar tekanan darah akan menjadi lebih cepat normal dan ibu hamil tidak akan mudah emosional.

  1. Meningkatkan Nafsu Makan

Ketika seorang wanita tengah hamil, biasanya ia kan kehilangan nafsu makan. Hal tersebut memang cukup normal bagi ibu hamil.  Untuk mengatasi hal tersebut cukup mudah, yakni hanya dengan memakan buah apel. Namun, buah apel yang terbaik adalah yang berwarna hijau.

  1. Dapat Mengatasi Nyeri

Ketika wanita sedang mengalami masa kehamilan maka rahimnya akan membesar dan memberikan tekanan, sehingga akan menimbulkan rasa nyeri. Untuk mengatasi hal ini, ibu hamil cukup mengkonsumsi apel hijau secara teratur.

  1. Mengatasi Rasa Mual

Efek mual memang sangat umum terjadi pada ibu hamil. Namun, sebenarnya ini terjadi karena asam lambung yang semakin meningkat. Untuk mengatasi hal tersebut, ibu hamil cukup mengkonsumsi apel secara rutin. Ini karena, buah berbentuk bulat tersebut dapat menurunkan asam lambung dengan cukup efektif.

baca juga : Manfaat Buah Tomat Untuk Ibu Hamil

Itulah beberapa manfaat buah apel untuk ibu hamil dan janin. Semoga informasi ini dapat membantu Anda dalam menjaga kehamilan Anda. Selain itu, pastikan Anda mengkonsumsi buah ini paling tidak satu kali sehari, karena buah ini dapat mencegah kerusakan DNA dan tentunya hal ini cukup penting untuk diperhatikan oleh para setiap orang tua, terutama ibu yang sedang mengandung agar jabang bati yang dikandungnya nanti lahir dengan sempurna.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *