Mana yang Lebih Baik Untuk Dikonsumsi Air Galon Atau Air Keran?

Suarabandung.com – Sebagian orang menyebutkan bahwa air keran yang sudah direbus lebih sehat untuk dikonsumsi dibandingkan dengan air galon meskipun air galon sudah diolah sedemikian rupa.

Air galon memang sepertinya diproses secara higienis oleh produsennya. Namun, pastikan juga selalu mengecek merek air gallon yang akan dibeli. Dan pastikan sudah mendapatkan izin edar dari BPOM dan sudah pernah diuji oleh SNI, maka air gallon bisa dipastikan aman untuk dikonsumsi.

Tak hanya itu, sebaiknya anda pun mengecek tanggal kadaluwarsa dari air galon tersebut. Jika ternyata sudah melewati tanggal kadaluwarsa, maka bahan gallon yang berupa plastik ini dikhawatirkan sudah mengkontaminasi air di dalamnya dan bisa memicu keracunan.

Nah, apakah hal ini berarti air keran yang direbus jauh lebih baik untuk dikonsumsi?

Pakar kesehatan menyebutkan bahwa ada beberapa sumber air keran yang didapatkan oleh masyarakat. Ada yang berasal dari air tanah dan diambil dengan sumur biasa atau sumur artesis. Ada juga yang berasal dari perusahaan air milik pemerintah. Yang menjadi masalah yaitu, kadangkala air dari instalasi perusahaan milik pemerintah kurang jernih atau bahkan berbau.  Baca juga : Benarkah Mandi Air Dingin Dapat Menurunkan Berat Badan?

Sedangkan air tanah, kadangkala sumber air ini ternyata dekat dengan septic tank atau bahkan sudah terkontaminasi air kotor atau limbah industri.

Alih-alih memperdebatkan mana yang lebih baik diantara air galon atau air keran yang sudah direbus, sebaiknya perhatikan izin edar dan tanggal kadaluwarsa air galon jika lebih sering mengkonsumsinya dan selalu memastikan air tanah berada dalam kondisi yang berkualitas jika memiliki sumber air sendiri.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

%d blogger menyukai ini: