Makanan Yang Baik Untuk Asam Urat

Asam urat, yah penyakit ini adalah salah satu dari berbagai macam penyakit yang menyerang orang Indonesia kebanyakan. Asam urat biasanya menyerang kaum orang tua yang umurnya di atas 35 tahun jadi jika kita sudah mendekati umur ini sebaiknya kita menjaga pola makan kita agar tidak terkena berbagai macam penyakit, salah satunya adalah asam urat.

Asam urat adalah penyakit yang timbul karena pola makan yang tidak sehat, gemar makan makanan yang berlemak, dan gaya hidup yang yang serba modern, jarang untuk berolahraga. Penyebab dari penyakit asam urat adalah karena tubuh terlalu banyak memproduksai kadar asam urat, sehingga berkurangnya kerja ginjal yang bertugas mengeluarkan kadar asam urat dalam tubuh dengan urin, dan  penyebab lain adalah karena terlalu banyak zat purin yang ada di dalam tubuh.

Gejala yang timbul dari penyakit asam urat ini adalah sering merasakan nyeri di daerah persendian karena di sebabkan proses pengkristalan di daerah sendi-sendi tertentu, asam urat biasanya menyerang bagian lutut, pergelangan kaki, pergelangan tangan, tumit, dan jari-jari tangan. Sebaiknya mulai dari sekarang kita mencegah terjadinya penyakit asam urat di dalam tubuh dengan menjaga pola makan kita dan berolahraga secara teratur.

Asam urat adalah salah satu penyakit yang di kaitkan dengan makanan, banyak sekali makanan yang dapat menimbulkan resiko asam urat.

Makanan yang Harus Dihindari Bagi Penderita Asam Urat

  1. Daging: daging bebek, daging sapi, daging kambing.
  2. Makanan kaleng: kornet sapi, dan sarden.
  3. Makanan yang mengandung lemak jenuh: gorengan, mentega.
  4. Jeroan: hati, usus, babat, paru, otak, dan limpa.
  5. Seafood: kepiting, cumi-cumi, udang, kerang, sotong.
  6. Kacang-kacangan: kacang tanah, kacang hijau, kedelai, melinjo, emping.
  7. Telur, keju, kaldu.

Untuk penderita asam urat sebaiknya menghindari makan makanan yang ada di atas, selain menghindari makanan yang tidak boleh di makan di imbangi juga dengan olahraga yang teratur karena asam urat biasanya menyerang orang yang gemuk atau obesitas. Walaupun ada banyak makanan pantangan bagi penderita asam urat tetapi penderita asam urat juga masih boleh makan makanan yang enak asal tetap menjaga pola makan yang tidak berlebihan.

Makanan yang Boleh Dimakan Bagi Penderita Asam Urat

  1. Banyak mengkonsumsi buah yang mengandung vitamin C seperti jeruk nipis, pepaya, blueberry, strawberry, jambu merah, belimbing.
  2. Perbanyak mengkonsumsi karbohidrat kompleks seperti nasi, roti, ubi-ubian.
  3. Perbanyak mengkonsumsi buah dan sayur-sayuran yang dapat menurunkan kadar asam urat dalam tubuh seperti jeruk nipis, apel, jus semangka, ceri, buah naga, kubis, sawi hijau, serai, dan lain sebagainya.

Dan juga satu lagi jika penderita asam urat termasuk orang yang obesitas sebaiknya ambil program diet guna menurunkan berat badan agar asam urat tidak semakin parah dan juga di imbangi dengan olahraga yang teratur seperti jogging atau bersepeda yang dapat membakar kalori banyak.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *