Makanan Pendukung Tumbuh Kembang Bayi

Suarabandung.com – Makanan utama yang paling sehat untuk bayi  tentu air susu ibu atau ASI. Namun, bayi juga membutuhkan makanan pendamping untuk memberikan nutrisi lengkap.

Berikut makanan tambahan terbaik bayi untuk mendukung tumbuh kembangnya.

Yoghurt

Yoghurt merupakan olahan susu sapi yang difermentasikan sehingga menghasilkan rasa sedikit asam. Yoghurt mengandung banyak nutrisi yang sangat baik untuk kesehatan khususnya menambah daya tahan dan melancarkan pencernaan.

Bayi yang sudah berusia 6 bulan dapat diberi yoghurt dan sudah dicampur bersama buah atau sayur untuk mengurangi rasa asamnya.

Sayuran hijau

Sayuran hijau seperti bayam, sawi, dan kale mengandung banyak zat besi dan folat tinggi. Sayuran hijau ini dapat anda olah menjadi makanan bayi dengan diblender lalu campurkan dengan sereal atau nasi yang dilembutkan.

Lentil

Lentil yaitu biji-bijian yang memberikan tambahan serat tinggi. Bahan ini dapat anda campurkan bersama sayuran lalu dihaluskan untuk makanan pendamping ASI. Lentil akan melancarkan sistem pencernaan bayi dan tambahan protein. Baca juga : Manfaat Pisang Hijau Untuk Kesehatan

Daging

Daging sebenarnya sangat baik untuk tumbuh kembang bayi, daging juga mengandung protein tinggi, zinc, dan zat besi. Daging dapat anda olah menjadi bubur bersama nasi dan sayur agar bisa dijadikan makanan pendamping ASI.

Jeruk

Anda bisa memberikan jeruk sebagai camilan setelah bayi makan atau minum ASI. Jeruk mengandung Vitamin C yang baik untuk meningkatkan daya tahan tubuh.

Alpukat

Terkadang beberapa ibu menghindari alpukat untuk makanan pendamping asing karena dianggap berlemak dan menyebabkan kegemukan. Sebenarnya lemak yang terkandung pada alpukat berjenis tidak jenuh dan komposisinya mirip dengan ASI.

Jadi, jika anda memberikan alpukat untuk dicampur dengan buah-buahan lain dalam jus sangat baik untuk kesehatan bayi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

%d bloggers like this: