Makanan Penambah Darah

Makanan Penambah Darah – Kadar darah yang ada didalam tubuh haruslah seimbang, dimana peranan darah sendiri merupakan salah satu komponen vital, yang salah satu fungsinya adalah mengalirkan oksigen ke seluruh tubuh. Untuk sel darah merah sendiri, memiliki peranan bagi kesehatan tubuh Anda, karena didalam darah, terdapat kandungan zat makanan serta oksigen yang sangat diperlukan untuk mendukung kerja organ tubuh yang lainnya. jadi kadar darah yang ada dalam tubuh haruslah seimbang. Tidak boleh terlalu banyak, karena akan memicu penyakit darah tinggi,sehingga menyebabkan stroke dan serangan jantung.

Atau terlalu rendah yang bisa menyebabkan beresiko terkena penyakit anemia. Sangatlah bijak jika kadar hemoglobin Anda menurun dan Anda tidak langsung mengkonsumsi obat penambah darah, Hal ini agar tubuh kita tidak terlalu biasa mengkonsumsi sesuatu yang banyak mengandung zat kimia. Jadi Anda bisa menggantinya dengan bahan makanan alami yang berkhasiat menambah darah, yang akan disampaikan beberapa reviewnya berikut ini.

Makanan penambah darah

  1. Daun singkong

Didalam daun singkong terdapat berbagai zat gizi yang lengkap. Antara lain seperti vitamin C, karbohidrat, kalsium, lemak, zat besi, fosfor serta protein. kandungan zat besi di dalamnya, bisa menjadi salah satu zat yang bisa memicu produksi hemoglobin pada tubuh. Daun singkong banyak dimanfaatkan oleh banyak orang untuk dimasak sebagai bahan utama banyak resep masakan.

  1. Ikan

Kandungan zat besi yang tinggi yang notabene bisa memicu produksi sel darah merah, juga terdapat pada ikan. Misalnya untuk ikan sarden sendiri, Anda bisa mendapatkan 2,5 mg zat besi yang bisa diasup oleh tubuh dalam 100gr ikan. Selain itu, kandungan protein dan omega 3 juga berperan aktif dalam produksi sel darah merah, yang bisa Anda jumpai di ikan salmon dan juga ikan tuna.

  1. Kurma

Buah yang kaya akan sejuta manfaat ini, juga memiliki khasiat untuk menambah darah. Didalam kurma, Anda akan menjumpai kandungan vitamin B kompleks yang tinggi. Vitamin B kompleks merupakan nutrisi lain selain zat besi yang sangat baik untuk pertumbuhan dan percepatan produksi kadar hemoglobin. Selain itu, dengan mengkonsumsi kurma, Anda juga bisa mengatasi rasa lelah karena gejala anemia.

  1. Apel

Selain buah kurma, Anda juga bisa mengkonsumsi apel sebagai makanan untuk menambah sel darah merah Anda. kandungan apel memang kaya akan zat besi. Dimana kandungan zat gizi ini sendiri merupakan nutrisi yang sangat diperlukan untuk menambah sel darah merah. Jadi dengan rutin mengkonsumsi apel, bisa turut menambah kadar sel darah merah Anda.

  1. Sayuran

Sayuran memang kaya akan serat dan segudang manfaat lainnya untuk kesehatan.salah satunya adalah sebagai penambah kadar sel darah merah. Akan tetapi, Anda tidak serta merta bisa mengkonsumsi semua jenis sayuran guna meningkatkan produksi sel darah merah Anda. karena memang tidak semuanya memiliki peranan penambah darah. Contoh sayuran yang kaya akan zat besi yang sangat baik untuk penambah produksi sel darah merah Anda antara lain seperti bayam, brokoli,sawi, kacang polong, lobak kentang dll.

  1. Gandum

Anda pun bisa beralih mengkonsumsi gandum sebagai alternative asupan karbohidrat Anda. selain sebagai alternatif asupan karbohidrat, Anda pun bisa menambah sel darah merah jika rutin mengkonsumsi makanan yang memiliki bahan dasar gandum ini. Selain itu, fungsi lainnya jika mengkonsumsi makanan yang terbuat dari gandum adalah terhindar dari penyakit jantung dan juga kanker.

 

Itulah beberapa makanan yang bisa menambah kadar darah Anda. jadi jangan terburu-buru memutuskan mengkonsumsi obat-obatan penambah darah. karena dengan makanan yang mengandung berbagai jenis vitamin dan zat gizi lainnya ini, Anda akan bisa menambah kadar darah Anda, tanpa disertai efek samping.semoga bermanfaat.
baca juga : Cara Menurunkan Kolesterol Dengan Cepat

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *