Libur Akhir Tahun, Basarnas Pantau Gunung dan Pantai di Jabar

Basarnas Kantor SAR Kota Bandung menyiagakan personel di sejumlah titik rawan terjadi kecelakaan bertepatan libur Natal 2018 dan Tahun Baru 2019. Personel memantau sejumlah titik seperti jalur perlintasan kendaraan dan sejumlah pantai di Jawa Barat.

“Untuk mengantisipasi terjadinya kecelakaan di darat maupun laut, puluhan personel dan peralatan diterjunkan di beberapa titik lokasi yang dianggap rawan terjadinya hal tersebut. Seperti pantai-pantai, gunung-gunung, jalan tol dan jalur transportasi di wilayah Jabar,” ucap Humas Kantor SAR Bandung Joshua Banjarnahor via pesan singkat, Jumat (21/12/2018).

Dia menyebutkan Basarnas melalui Unit Pelaksana Teknis yang berada di wilayah Jawa Barat tengah bersiaga dalam momen libur akhir tahun selama 14 hari terhitung mulai Kamis 20 Desember 2018 hingga 2 Januari 2019. “Personel yang dikerahkan akan disebar di beberapa tempat antara lain Pantai Santolo, Pangandaran, Bandara Husein, Kertajati, Pelabuhan Cirebon, Gunung Guntur, Papandayan, Jalan Tol Cipali, Cikampek, Purbaleunyi dan beberapa tempat obyek wisata,” ujarnya.

Dalam pelaksanaan kegiatan pengamanan selama dua minggu ke depan, peralatan yang disiagakan yakni kapal Rescue Boat 01 Bandung yang sandar di Pelabuhan Cirebon Rigit Inflatabel Boat (RIB), Rubber Boat, Rescue Car kendaraan operasional dan peralatan SAR lainnya. Pihaknya imbau masyarakat yang hendak berlibur di Jabar agar memperhatikan dan mengindahkan imbauan petugas di lapangan.

“Khusus wisatawan pantai dan gunung yang ingin melewati tahun barunya harap diperhatikan keselamatannya. Wisatawan pantai agar tidak berenang di zona merah turuti perintah para petugas rescue,” ungkapnya.

“Untuk wisatawan yang ke gunung, siapkan perbekalan dengan baik jangan asal bawa badan saja. Dari makanan sampai alat pelindung diri harus disiapkan, hal ini dimaksudkan untuk menghindari jatuhnya korban,” jelasnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

%d blogger menyukai ini: