Lenovo Yoga Tab 3 Review dan Spesifikasinya

Lenovo kembali meluncurkan sebuah tablet yang baru. Tablet tersebut adalah Lenovo Yoga Tab 3. Di Indonesia, tablet tersebut sudah tersedia di salah satu toko online yang memiliki logo huruf “L”. Di toko online tersebut, tablet ini dijual dengan harga Rp. 2.599.000. Tablet ini memiliki sebuah tabung silinder yang berada di bagian bawahnya. Peletakan cylinder tersebut bermanfaat untuk memudahkan para penggunanya  untuk memegang ataupun membawa tablet tersebut.

Lenovo Yoga Tab 3. (Foto: Lenovo.com)
Lenovo Yoga Tab 3. (Foto: Lenovo.com)

Ukuran layar yang digunakan adalah 8 inci dengan resolusi layar 1280 x 800 piksel dan kerapatan layar 189 ppi.  Tablet ini memiliki dimensi   8.26 x 5.74 x 0.28 inci dan berat 489 gram yang tergolong lumayan berat untuk tablet yang berukuran 8 inci. Ini karena penggunaan baterai yang berkapasitas besar yaitu 6200 mAh dan tabung untuk pegangan. Jika dibandingkan dengan pesaingnya yaitu ASUS Zenpad S 8.0 dan Amazaon Api HD 8, tentunya kedua pesaingnya tersebut lebih ringan dan lebih kurus atau ramping.

Pada bagian belakang, Lenovo Yoga Tab 3 dibungkus dengan bahan plastik berwarna abu-abu yang bertekstur. Sedangkan pada bagian alumunium pada tabung menggunakan warna metal yang mengkilat, selain itu juga terdapat sebuah kickstand atau penopang. Di ujung kanan dari tabung, terdapat sebuah port audio yang dapat digunakan untuk earphone dan mic.  Sedangkan pada sebelah kiri terdapat tombol power yang sekaligus juga berfungsi sebagai tombol pengunci. Pada bagian atas, terdapat sebuah port micro USB yang berfungsi untuk  pengisian daya transfer data dan juga sebuah tombol pengatur volume.

Untuk menggunakan kickstand atau penopang Lenovo Yoga Tab 3, penggunanya harus menekan sebuah tombol agar penopang tersebut keluar. Ini lebih efektif ketimbang yang digunakan pendahulunya yaitu Yoga Tab 2. Penopang tersebut memiliki sebuah lubang yang dapat difungsikan untuk menggantung tablet di suatu kaitan, seperti paku dan sejenisnya.

Yoga-Tab-3-Pro_1-1280x867

Spesifikasi yang dimiliki  Lenovo Yoga Tab 3 terbilang sudah cukup. Untuk chipset, tablet ini menggunakan Snapdragon 210 yang memiliki processor Quad-core yang berkecepatan 1.3 GHz. Sedangkan untuk pengolah grafisnya menggunakan Adreno 304. Untuk mendukung prosesnya, tablet ini memiliki RAM 1GB. Dengan kapasitas RAM yang teramat kecil, membuat tablet ini kesusahan dalam menonton video yang memiliki resolusi 720p atau lebih. Dari segi penyimpanan internal, tablet ini dibekali dengan kapasitas 16GB dan dapat ditambah dengan microSD hingga 128GB.

Dari segi kamera, Lenovo Yoga Tab 3 memiliki sebuah keunikan yaitu hanya menggunakan 1 kamera tetapi dapat diputar hingga 180 derajat. Letak kamera ini berada di sebelah kanan dari tabung pegangan. Dengan sistem kamera yang unik menjadikan nilai plus tersendiri bagi tablet ini. Kamera yang digunakan juga memiliki kekuatan 8MP dan dapat menghasilkan gambar yang cukup baik dengan noisy yang amat sedikit bahkan tidak terlihat sama sekali jika dalam keadaan pencahayaan yang cukup.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *