Lenovo ThinkPad Yoga 12 Review dan Spesifikasinya

Lenovo ThinkPad Yoga 12, adalah sebuah notebook yang memiliki desain yang biasa untuk kegiatan bisnis tetapi dengan fleksibilitas yang unik. Poros kedua engsel yang ada di bagian layar notebook dapat membuat perangkat tersebut berubah wujud menjadi sebuah tablet berukuran besar. Selain itu, laptop ini memiliki 4 mode yang berbeda yaitu Laptop, Stand, Tent dan Tablet yang telah disebutkan sebelumnya.

lenovo-laptop-thinkpad-yoga-modes

Konstruksi notebook ini merupakan ciri khas dari tipe Yoga.  Engsel yang digunakan pun tidak sembarangan yaitu terbuat dari besi khusus yang memiliki ketahanan yang kuat untuk dibuka dan ditutup berulang kali. Sementara chasis atau perawakan laptop dibalut dengan besi yang dicampur magnesium dan layar yang digunakan juga telah menggunakan Dragontrail Glass jadi para penggunanya tidak perlu khawatir akan goresan pada layar. Notebook ini memiliki dimensi 0.74 x 12.44 x 8.7 inci dan memiliki berat 3.48 pounds  atau setara dengan 1.5 Kg yang lebih berat 0.2 Kg dari Lenovo Thinkpad X1 Carbon Touch. Seperti namanya, notebook ini mengusung layar dengan luas 12.6 inci dengan resolusi 1920 x 1080 piksel, dan memiliki ketajaman dan kecerahan layar yang cukup baik, selain itu juga sudah anti-glare.

Pada bagian kanan Lenovo ThinkPad Yoga 12 terdapat sebuah slot case-lock yang berfungsi untuk menjaga keamanan laptop dari tidak pencurian tentunya harus juga dilengkapi dengan kunci pengamannya. Pada bagian tersebut juga terdapat sebuah port mini HDMI-out, sebuah port USB 3.0, dan sebuah slot untuk SD Card. Keputusan untuk menaruh port mini HDMI benar-benar akan membingungkan para penggunanya, bagaimana tidak  kebanyakaan saat ini penggunaan HDMI adalah dengan ukuran standar yang tentunya akan sulit untuk mencari jenis HDMI yang mini. Selain itu, di sisi kanan notebook tersebut juga terdapat tombol yang berfungsi untuk mengunci rotasi layar, tombol pengatur volume dan tombol power.

Thinkpad-YOGA-12_2

Pada bagian kiri Lenovo ThinkPad Yoga 12 terdapat konektor daya yang dapat difungsikan secara ganda menjadi satu sambungan dengan konektor docking, tetapi membutuhkan pelepasan sebuah penutup cover yang terbuat dari karet. Di sisi kiri tersebut juga terdapat sebuah port USB  3.0 yang juga dapat berfungsi sebagai port pengisi daya smartphone ketika notebook dalam keadaan sleep dan juga terdapat sebuah jack audio berukuran 3.5 mm. Notebook tersebut juga dilengkapi dengan WiFi 802.11ac dan Bluetooth 4.0 untuk jaringan nirkabel dan Trusted Platfotm Module 1.2 untuk keamanan ekstra.

Pada segi penyimpanan, Lenovo ThinkPad Yoga 12 hanya menyediakan kapasitas 180 GB bertipe SSD, dan ini lebih kecil dari pesaingnya yaitu Dell Latitude 14 Seri 7000 dan Toshiba Portege Z20t-B2112 yang menggunakan SSD berkapasitas 256 GB. Tetapi, untungnya Lenovo tidak meninggalkan preinstalled software pada notebook ini. Terdapat Microsoft Office 365 dan McAfee Security Central yang dapat digunakan selama 30 hari. Aplikasi yang lain dari notebook ini adalah The Weather Channel, Dropbox Online Storage 15 GB, dan Trip Advisor. Selain itu juga, Lenovo menambahkan aplikasi utilitas buatannya sendiri, seperti Lenovo Companion, Lenovo REACHIT dan ShareIt yang berguna untuk sharing file antar perangkat Lenovo lainnya. Selain itu notebook ini juga memiliki garansi full selama 1 tahun.

thinkpad-yoga-12

Spesifikasi yang ditawarkan Lenovo ThinkPad Yoga 12 ini sangat menarik karena menggunakan processor Intel Core i5-5300U yang memiliki  kecepatan 2.3 GHz. Untuk mengimbangi kinerja processor yang luar biasa cepat itu, notebook ini juga dipasangi RAM sebesar 8 GB. Dengan spesifikasi tersebut, notebook ini dapat secara mudah menyalip kinerja kedua pesaingnya yaitu Dell Latitude 14 Seri 7000 dan Toshiba Portege Z20t-B211. Selain dari segi kapasitas baterai juga mampu bertahan hingga lebih dari 7 jam pemakaian. Seperti halnya notebook mahal lainnya, notebook ini juga hadir dengan sistem operasi Windows 8.1 64-bit. Untuk mengolah grafisnya notebook ini dipersenjatai dengan VGA Intel® HD Graphics 5500.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *