Lebih Baik Manakah? Talenan Kayu atau Talenan Plastik?

 

Suarabandung.com – Talenan merupakan salah satu peralatan yang selalu digunakan setiap kali ingin membuat makanan yang lezat. Banyak orang yang memakai satu buah talenan untuk memotong apa saja, baik itu bumbu, sayuran, daging, dan bahan makanan lainnya.

Namun, tahukah anda jika pakar kesehatan menyarankan kita untuk memisahkan talenan untuk memotong daging mentah?

Daging mentah dikhawatirkan masih memiliki bakteri berbahaya sehingga jika talenan dipakai untuk memotong bahan makanan lain, akan terjadi kontaminasi silang bakteri.

Pakar kesehatan tentu merekomendasikan untuk menggunakan talenan plastik untuk memotong daging mentah.

Mengapa memakai talenan plastik? Pakar kesehatan menyebutkan bahwa talenan plastik lebih mudah dicuci hingga bersih dibandingkan dengan talenan kayu. Tak hanya itu, guratan pada talenan kayu pun dikhawatirkan menjadi tempat dimana bakteri bersembunyi saat talenan ini saat dicuci.

Sebenarnya, jika kita memakai beberapa jenis talenan di rumah dan memakai satu talenan khusus untuk memotong daging, tidak masalah untuk menggunakan talenan kayu karena tidak akan memicu kontaminasi silang bakteri.

Nah, jika anda hanya memiliki satu buah talenan saja, gunakan trik memakai dua sisi talenan dimana salah satu sisi dipakai untuk memotong daging mentah dan sisi lainnya dipakai untuk memotong sayuran atau bahan lainnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *