Kiat Jitu Menjaga Hidup Sehat

Kiat jitu menjaga hidup sehat

Di hidup yang serba modern ini, kebanyakan aktifitas kita cenderung terforsir di dunia pekerjaan, sehingga pola hidup sehat pun menjadi terabaikan. Jarang meluangkan waktu untuk berolahraga, makan makanan yang kurang bersih, serta istirahat yang kurang. Padahal dengan hidup sehat, Anda bisa merasakan nikmatnya umur panjang dengan berkumpul bersama keluarga maupun teman-teman Anda. Selain itu, kepercayaan diri Anda akan meningkat serta peforma kerja juga akan menjadi lebih baik. Lantas bagaimanakah menjaga agar hidup tetap sehat?

Kiat jitu menjaga hidup sehat

  1. Sayangi Otak Anda

Jika Anda terlalu banyak pikiran, maka tentunya otak Anda akan tertekan, sehingga menyebabkan Anda sering sakit kepala dan migrain. Hal ini bisa Anda antisipasi dengan sering melihat tanaman hijau. Menurut penelitian para ahli, tanaman hijau dapat membantu otak untuk refresh kembali.

Untuk menerapkannya juga cukup mudah, misalnya Anda bisa menambahkan tanaman kecil di atas meja kantor Anda.

  1. Lindungi Jantung

Saat usia semakin senja, risiko tersumbatnya aliran darah ke jantung sangat besar. Hal ini bisa berisiko serangan jantung. Untuk mengurangi resiko penyakit jantung, Anda bisa mulai dengan gemar berjalan kaki, minum air putih, dan mengurangi makanan yang berminyak. Dengan demikian Anda sudah memulai langkah untuk melindungi jantung Anda selalu dalam keadaan yang sehat.

  1. Berhenti Merokok

Selain faktor makanan dan istirahat cukup, ada faktor penting yang mempengaruhi kesehatan Anda. Jika Anda perokok aktif, maka mulailah untuk berkomitmen berhenti merokok. Rokok dapat mengerogoti sedikit demi sedikit kesehatan Anda. Mungkin Anda tidak merasakannya, namun penyakit yang Anda derita akan menjadi kompleks dan sulit di sembuhkan jika Anda terus menerus merokok. Anda bisa mencari aktifitas yang bisa membuat Anda bisa melupakan rokok sedikit demi sedikit.

  1. Perbanyak Air Mineral

Jika Anda sering lemas dan menguap atau merasa kurang fit, bisa karena Anda kurang minum air mineral. Suplai tubuh Anda dengan air mineral untuk menghindari dehidrasi atas aktifiatas yang Anda lakukan. Air mineral juga membantu proses metabolisme tubuh, membersihkan garam, memberi asupan O2 didalam tubuh. Selain sehat, konsentrasi Anda akan meningkat dan fungsi air bisa menjadi membuat Anda merasa kenyang. Anda akan menghindari ngemil terlalu banyak. Anda perlu selektif dalam mengkonsumsi air mineral, hindari yang mengandung klorin, karena berbahaya bagi tubuh.

  1. Tidur yang Cukup

Untuk usia anak-anak, jam tidur mereka pastilah lebih banyak daripada para orang tua. Bagi orang dewasa tidur 7 jam di malam hari sudah sangat cukup. Salah satu cara membuat tidur Anda terasa nyaman adalah dengan mematikan lampu di ruang tidur Anda. Bahan kimia yang terkandung di partikel cahaya akan menggangu tubuh saat pemulihan. Tidur juga merupakan cara yang baik untuk mencegah makan berlebihan. Sebuah studi oleh The American Journal of Clinical Nutrition menunjukkan bahwa orang-orang yang hanya tidur selama 4 jam, rata-rata kalori yang dikonsumsi adalah lebih dari 500 kalori jika dibanding dengan mereka yang tidur selama 8 jam.

  1. Olahraga Rutin

Bila Anda anggap olahraga memerlukan waktu yang lama sehingga menyita jam kerja Anda, maka Anda keliru. Jalan sehat, bersepeda ke pasar, naik turun tangga adalah bentuk olahraga. Anda akan sangat hebat ketika memilih kepasar dengan bersepeda dari pada memakai kendaraan bermotor. Lebih memilih naik tangga dari pada menggunakan lift. Aktifitas sederhana yang tanpa Anda sadari adalah bentuk-bentuk olahraga ringan.

Cukup mudah bukan untuk membiasakan diri menjadi lebih sehat. Semoga kiat jitu ini dapat anda gunakan sebagai referensi untuk memulai hidup sehat. Ingat !!  Kondisi tubuh Anda hanya Anda lah yang menentukan. baca juga : Cara Ampuh Menurunkan Kolesterol

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *