Khasiat Manuka, Madu Mahal Asal Selandia Baru

Selandia Baru saat ini sedang menjadi sorotan seantero jagat usai aksi teror penembakan di masjid bernama Al Noor Mosque, Kota Christchurch, pada Jumat, 15 Maret 2019. Tragedi tersebut sangat memilukan sesaat akan dilaksanakan salat Jumat.

Namun di sisi lain, Selandia Baru sangat populer dengan produksi madu yang memiliki banyak khasiat baik untuk tubuh bernama Manuka. Dilansir laman discover.manukahealth.co.nz, pada Jumat, 15 Maret 2019, Manuka tersebut berasal dari nektar bunga semak Manuka (Leptospermum scoparium).

Madu Manuka merupakan kombinasi nektar dari bunga Manuka dan lebah yang memberikan madu ini khasiat unik. Di lingkungan yang bersih Selandia Baru lebah madu mengubah nektar dari pohon Manuka asli menjadi Manuka yang langka juga luar biasa.

Lalu, apa yang membuat Manuka berbeda dari madu lainnya? Tumbuh di daerah terjauh dan terpencil di Selandia Baru, madu Manuka dapat dibuat dalam waktu singkat sekitar enam minggu setahun saat tanaman berbunga.

Jumlah madu yang dihasilkan sangat bervariasi tergantung pada kondisi cuaca dan berapa banyak madu. Madu tersebut merupakan madu pertama yang diteliti secara luas dan diakui karena kualitasnya yang sangat luar biasa.

Setelah adanya penelitian yang memakan waktu bertahun-tahun, para ilmuwan menemukan ‘bahan manuka ajaib’ atau yang disebut methylglyoxal (MGO). Ini adalah senyawa alami yang kuat dalam madu Manuka yang kini dikenal sebagai indikator langsung potensi madu.

Bahkan sejumlah besar penelitian menyebut madu Manuka mempunyai banyak penggemar setia di seluruh dunia. Masukan yang diterima menyebut bahwa Manuka sebagai obat kesehatan musim dingin, suplemen alami, dan makanan natural alternatif.

Cara terbaik untuk menikmatinya dengan langsung dari sendok, tetapi juga dapat menggantikan madu biasa dalam teh atau kopi. Bisa ditambahkan dalam makanan seperti sereal, yogurt, dan smootie.

Madu Manuka ini tersedia dalam berbagai varian dan ukuran. Madu ini dibanderol dengan harga mulai 20 dolar Selandia Baru atau sekitar Rp 195 ribu hingga 199 dolar Selandia Baru atau sekitar Rp 1,9 juta. Ada pula MGO™ 1000+ Manuka Honey – Limited Release seharga 270 dolar Selandia Baru atau sekitar Rp 2,6 juta

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

%d blogger menyukai ini: