Keuntungan Melahirkan Secara Normal

Tentu anda sudah tahu bahwa persalinan normal memiliki sederet manfaat dan keuntungan bagi ibu dan juga bayinya. Langsung saja yuk kita simak beberapa keuntungan melahirkan normal bagi para ibu berikut ini.

Beberapa keuntungan melahirkan normal bagi para ibu:

  1. Proses persiapan lahiran normal lebih bebas

Sebagian besar Ibu yang memilih melahirkan normal hanya memiliki satu keluhan berupa rasa mulas. Namun, ibu hamil yang melakukan persalinan normal tidak mendapat epindural, infus, pemasangan kateter, dan lainnya yang seperti pada persiapan operasi caesar yang lebih kompleks.

  1. Suami bisa terlibat melihat proses melahirkan normal

Pada proses persalinan normal, suami biasanya ikut terlibat di dalamnya. Kehadiran suami tentu sangatlah penting. Peran penting suami yang ikut hadir pada proses melahirkan normal memberikan rasa tenang dan juga nyaman pada ibu melahirkan.

  1. Proses persalinan normal lebih cepat

Melahirkan normal dapat menghabiskan waktu yang lebih cepat. Apabila pembukaan Anda sudah cukup besar maka Anda akan dibawa ke ruang melahirkan dengan normal.

  1. Merasakan rasa haru dan peluang IMD untuk ikatan yang kuat

Ibu yang melahirkan normal cenderung lebih responsif saat melihat bayi yang dilahirkan dengan susah payah untuk pertama kalinya. Berbeda dengan ibu yang melahirkan caesar yang biasanya tidak seperti itu karena efek dari anestesi bisa membuat ibu menjadi kurang responsif.

  1. Lebih cepat pulih

Para ibu yang telah melalui proses melahirkan normal memiliki proses pemulihan yang sangat cepat pasca melahirkan. Karena para ibu melahirkan normal tidak memperoleh epindural dan C-section. Meskipun kemungkinan dapat mendapatkan jahitan tetapi ibu bisa mencegahnya dengan melakukan pijat perineum.

  1. Rahim yang lebih cepat kembali ke ukuran semula

Keuntungan melahirkan normal yang disebutkan sebelumnya, yaitu bisa memberikan kolostrum segera akan berdampak pada kembalinya ukuran rahim.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

%d blogger menyukai ini: