Ketahui Pilihan Camilan Rendah Karbohidrat

Suarabandung.com – Karbohidrat merupakan penyumbang energi terbesar bagi tubuh. Pembatasan karbohidrat dianggap sebagai langkah tepat agar asupan kalori dalam tubuh menjadi tidak berlebihan.

Nah, asupan karbohidrat dari camilan yakni roti, biskuit, jajanan, keripik dan gula-gula kerap tak disadari sebagai penyumbang karbohidrat.

Tentu sangat penting bagi kita untuk mengetahui pilihan camilan yang rendah karbohidrat. Menurut DokterSehat pilihan camilan rendah karbohidrat tersebut ialah:

Apel dan keju

Dengan kombinasi keduanya yang biasa diolah menjadi salad dengan saus keju sangat baik menjadi camilan rendah karbohidrat namun tentu sehat karena tinggi serat dan  juga protein.

Yoghurt dan buah

Konsumsi yoghurt dengan topping buah atau sayur mampu menjadi pilihan camilan yang sehat  dan rendah karbohidrat. Anda dapat menambahkan buah jenis beri atau mungkin sayur-sayuran seperti irisan ketimun di atas yoghurt.

Sayur lapis daging

Buatlah lapisan mirip sandwich atau kebab dengan menggunakan sayur daun selada sebagai pengganti roti, isi dari camilan ini tetap sama yaitu daging asap/ potongan daging kecil, keju, tomat, dan juga saus.

Kacang-kacangan

Kacang sebagai sumber protein yang dapat menjadi pilihan camilan tepat guna mengurangi asupan karbohidrat dalam tubuh.

Kacang kedelai, edamame, kacang tanah, almond atau mete dapat menjadi pilihan camilan kacang yang baik, kaya akan serat, dan tinggi fitonutrien.

Keripik sayur

Pilih keripik sayur yang sebaiknya tidak menggunakan tepung terigu atau buatlah sendiri keripik sayur dengan cara memanggang sayur berdaun, dan sudah dibumbui sederhana tanpa tepung, dalam oven bersuhu 300 derajat celsius selama kurang lebih 25 menit saja.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

%d bloggers like this: