Ketahui Bahaya Konsumsi Lontong Berbungkus Plastik

Banyak orang yang menjual lontong dengan menggunakan lontong berbungkus plastik, bukan lontong yang dibungkus dengan daun pisang kerena banyak pembuat lontong yang mengaku kesulitan untuk mendapatkan daun pisang. Hal tersebut disebabkan oleh kebun pisang yang jumlahnya semakin menurun.

Tak hanya itu, membuat lontong dengan plastik bening sangat praktis karena hanya perlu memasukkan beras ke dalam plastik tersebut dan menusuk plastik dengan garpu saat merebusnya.

Namun perlu anda ketahui, plastik yang dipakai saat merebus beras menjadi lontong memiliki titik leleh yang rendah. Hal ini membuat kandungannya bisa meleleh dan tercampur pada lontong yang di konsumsi. Jika sering mengonsumsi lontong dari plastik akan masuk ke dalam tubuh dan bisa menyebabkan datangnya penyakit seperti kanker atau gangguan kesuburan.

Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) menyarankan untuk tidak mengonsumsi lontong yang diolah dengan plastik, apalagi jika plastik ini berjenis LDPE yang memiliki titik leleh rendah. Lebih baik memilih lontong yang diolah dengan menggunakan daun pisang yang jauh lebih aman dan juga sehat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

%d blogger menyukai ini: