Kenali Tanda Tubuh Kekurangan Asupan Serat

Suarabandung.com – Dengan adanya serat yang cukup tentu sistem metabolisme tubuh akan berjalan dengan lancar dan berbagai sistem yang ada dalam tubuh pun akan berfungsi dengan baik.

Jika tubuh kekurangan serat, maka akan mengalami gejala kesehatan sebagai berikut.

Cepat lapar meski baru saja makan
Kandungan serat akan membentuk materi yang mirip dengan gel yang akan membuat proses penyerapan makanan menjadi lebih lambat sehingga efek kenyang pun akan menjadi lebih lama. Tanpa adanya asupan serat yang cukup, efek kenyang ini tentu tidak akan berlangsung lama.

Tubuh kekurangan energi
Jika kita mengkonsumsi makanan yang kaya karbohidrat, tubuh akan segera mendapatkan energi yang besar yang sayangnya hanya berefek sebentar. Hal yang berbeda terjadi jika kita mengkonsumsi serat.

Kadar gula darah akan meningkat dengan perlahan yang bisa membuat energi tidak akan cepat habis dalam waktu yang cukup lama.

Sembelit
Susah buang air besar adalah gejalan kurangnya asupan serat. Hal ini disebabkan oleh proses pencernaan yang tidak berjalan dengan lancar dan mempengaruhi mudah tidaknya kotoran dikeluarkan.

Sulit menurunkan berat badan
Sudah menjadi rahasia umum jika asupan serat bisa berpengaruh besar bagi program penurunan berat badan. Tanpa asupan serat yang cukup, berat badan tidak akan segera turun.

Mengalami gangguan pada jantung
Asupan serat berpengaruh pada kesehatan organ jantung kita. Kandungan serat, zat besi, vitamin B, serta seng dapat membantu menurunkan kadar kolesterol jahat pada tubuh yang tentu berimbas pada kesehatan jantung yang lebih baik.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *