Kenali Penyebab dan Cara Mengatasi Kolik Pada Bayi

Pernah mendengar tentang istilah kolik pada bayi ? jika belum mendengarnya berikut adalah penjelasan mengenai apa itu kolik dan penanggulangannya. Kolik merupakan suatu keadaan di mana bayi mengalami kesakitan pada daerah perutnya, hal ini di karenakan bayi terlalu banyak menelan udara pada saat bayi sedang menyusu atau menimum susu. Kolik akan menyebabkan lambung sang bayi meregang sehingga akan mengganggu sistem pencernaanya.

Bayi yang menelan udara pada saat proses menyusui sebenernya merupakan hal yang normal, namun jika terlalu banyak menelanya dapat mengakibatkan kolik pada bayi. Untuk itulah sang ibu harus memperhatikan bagaimana cara menyusui bayi yang benar supaya bukan udara yang banyak di telan sang bayi, selain itu masih banyak sekali cara penangulangan supaya bayi tidak terkena kolik. Berikut adalah beberapa cara yang dapat di lakukan untuk mengatasinya.

  1. Buatlah Bayi Untuk Bersendawa

Dengan bersendawa maka dapat membantu sang bayi untuk mengeluarkan gelembung-gelembung udara yang ada di dalam perutnya, hal ini dapat di lakukan oleh sang ibu dengan cara membimbing bayi yakni pada saat makan maka bimbing lah bayi untuk bersendawa jangan sampai selesai makan baru membimbingnya, kerena akan sulit di lakukannya. Supaya bayi bisa bersedawa atur atau rubah posisi bayi pada saat minum ASI.

  1. Hindari Memberikan Makan Pada Saat Bayi Sedang Menanggis

Banyak di antara ibu memberikan makan pada saat bayi menangis dengan tujuan supaya sang banyi berhenti menangis, dengan melakukan hal tersebut dapat mengakibatkan banyak sekali udara yang masuk pada tubuh bayi sehingga sang bayi terserang kolik.

  1. Memandikan Sang Bayi

Dengan memandikan bayi yang melangami kolik dengan air hangat dapat membantu bayi anda lebih nyaman dan rileks, serta dapat juga mengeluarkan udara yang berlebihan di dalam tubuhnya.

  1. Memberikan Obat Alami

Banyak sekali ramuan obat alami yang dapat di jadikan obat untuk menyembuhkan bayi yang mengalami kolik, sudah sejak dahulu orangtua sering menggunakan obat-obatan alami untuk menyembuhkan anaknya dari serangan kolik. Bahkan riset telah membuktikan bahwa dengan memberikan tetesan pobiotik dapat menolong bayi, untuk itulah bertanya pada orangtua mengenai cara mengatasi kolik pada bayi.

  1. Lakukan Pijat Pada Perutnya

Dengan melakukan pijat secara perlahan-lahan dapat membantu sang bayi untuk mengeluarkan udara yang ada di dalam perutnya, manfaat pijatan bagi bayi ini harus di lakukan dengan cara yang lembut supaya bayi merasa nyaman dan tidak terjadi hal yang lebih buruk lagi.

Nah itu lah penybab kolik dan penanggulangannya, namun perlu di perhatikan jika bayi yang mengalami kolik terus menerus menangis sebaiknya segera di periksakan ke dokter, mungkin saja sang bayi memerlukan penganan khusus.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *