Kenali Gejala Kanker Lidah

Suarabandung.Com – Selama ini banyak orang yang tidak menyadari keberadaan kanker lidah. Memang penyakit tersebut sangat jarang dijumpai kalangan masyarakat. Namun sebaiknya kenali gejala dari penyakit kanker lidah ini, agar dapat di obati sedini mungkin.

Jika dibiarkan penyakit ini tentu sangat membahayakan dan dapat menyebabkan kematian. Kanker lidah ini merupakan sejenis kanker yang terjadi di rongga mulut terutama di sekitar bagian lidah.

Yang menjadi kendala ialah kasus tersebut masih tergolong rendah sehingga banyak dari masyarakat yang mengabaikan tanda – tanda kanker lidah yang satu ini. Kanker lidah ini belum diketahui penyebabnya secara pasti. Menurut data medis, pria perokok merupakan golongan yang paling banyak terkena penyakit kanker lidah.

Tidak menutup kemungkinan kaum wanita pun mengalami kanker lidah ini. Menurut kalangan medis, hal yang paling memungkinkan seseorang terkena kanker lidah yaitu luka dan infeksi yang terjadi pada lidah dan area sekitarnya.

Penyebab lainnya seperti, paparan sinar ultraviolet yang berlebihan, zat radioaktif, dan  faktor melemahnya daya tahan tubuh. Catat juga bahwa kanker lidah ini dapat disebabkan oleh faktor psikis dan genetik yang dapat memengaruhi tingkat keparahan dari penyakit ini.

Terdapat juga sejumlah faktor yang dapat memperbesar risiko seseorang untuk mengembangkan kanker lidah. Misalnya kebiasaan merokok tembakau (rokok biasa, cerutu, atau melalui pipa) dan kebanyakan minum alkohol adalah dua faktor risiko utama yang memicu kanker di area kepala dan leher. Faktor risiko lainnya seperti, virus HPV yang ditularkan melalui hubungan seksual.

Gejala-Gejala Kanker Lidah

Nah, berikut ini tanda – tanda  kanker lidah. Secara umum, kanker lidah ini memiliki gejala yang tidak berbeda jauh dengan sariawan.

Perbedaannya ialah, jika sariawan terdapat daerah sekitar luka akan terasa lunak. Sedangkan pada kanker lidah, daerah di sekitar luka terasa mengeras dan terasa sakit dari leher sampai ke bagian telinga. Berikut merupakan gejala umum yang sering terjadi pada penderita kanker lidah.

  • Terjadinya sariawan dan peradangan secara terus-menerus.
  • Timbulnya bercak berwarna merah atau putih dalam jangka waktu yang lama.
  • Anda akan sering mengalami mati rasa pada mulut.
  • Sering merasakan sakit di bagian leher sampai ke telinga.
  • Terjadinya peradangan dalam waktu lama pada lidah tanpa diketahui penyebabnya secara pasti.
  • Terasa nyeri ketika mengunyah makanan atau minum.

 

Jika terjadi hal-hal yang tidak normal seperti yang dijelaskan di atas, sebaiknya anda secepatnya berkonsultasi ke dokter untuk memastikan apakah keluhan-keluhan tersebut merupakan tanda atau gejala kanker lidah. Dan tangani sedari dini dengan pengobatan yang baik.

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *