Kenali Ciri ciri Kanker Servick Stadium Awal Sejak Dini

Kenali Ciri-Ciri Kanker Serviks Stadium Awal Sejak Dini – Salah satu penyakit yang paling banyak menyerang wanita, dan termasuk menjadi salah satu momok yang menakutkan adalah kanker serviks. Kanker serviks adalah kanker yang menyerang leher rahim dimana leher rahim sendiri merupakan bagian jalan masuk menuju pusat rahim. Salah satu penyebab utama dari kanker ini adalah terinfeksinya diri dengan virus HPV atau human papilloma. Kanker serviks sendiri terdiri dari beberapa stadium mulai dari stadium awal, stadium lanjut hingga akhir.

Akan tetapi, gejala dari kanker serviks ini sendiri memang sulit untuk diketahui. Hal inilah yang menyebabkan kanker seviks ini sendiri memiliki sebutan “the silent killer” karena baru akan dirasakan setelah masuk ke stadium akhir, maka dari itu, untuk proses pencegahannya anda harus mengetahui terlebih dahulu ciri-ciri stadium awal kanker serviks walaupun memang sulit untuk diidentifikasi. Dan berikut ini merupakan beberapa ciri-ciri kanker serviks stadium awal, yang perlu untuk anda ketahui.

Ciri-ciri kanker serviks stadium awal

  1. Rasa sakit pada mulut rahim

Gejala awal kanker serviks yang bisa anda kenali adalah adanya rasa sakit yang sangat berlebihan pada bagian mulut rahim. Dan hal ini akan terus berlanjut secara berkala, dan intensitas rasa sakitnya akan semakin bertambah seiring dengan bertambah parahnya stadium dari kenker serviks ini sendiri, maka dari itu, jika mengalami gejala seringnya sakit pada daerah mulut rahim, maka sebaiknya anda harus sesegera mungkin memeriksakan diri ke dokter kandungan, untuk mendapatkan penanganan lebih lanjut lagi.

  1. Pendarahan yang tidak normal.

Normalnya, wanita yang sehat akan mengalami masa menstruasi setidaknya 28 hari sekali, akan tetapi gejala awal yang nampak pada penderita kanker serviks adalah tidak normalnya darah keluar dari organ genital, biasanya dalam rentang waktu 2 hingga 3 kali dalam satu bulan. Jadi berbeda sekali dengan darah yang keluar pada saat menstruasi.

  1. Keputihan yang abnormal

Keputihan yang normal biasanya hanya berupa lendir yang tak berbau yang muncul sebelum haid atau setelah haid, akan tetapi agaknya perlu diwaspadai jika anda sering mengalami keputihan yang tidak lazim, yaitu intensitasnya yang terlalu sering,serta berbau dan bewarna. Ini merupakan salah satu ciri awal gejala kanker serviks yang perlu untuk diwaspadai.

  1. Nyeri panggul

Biasanya memang pada saatmenstruasi, wanita akan mengalami nyeri pada bagian panggul. Walaupun memang nyeri yang dihasilkan hanya kisaran 2 hingga 3 hari masa menstruasi. Akan tetapi, untuk gejala kanker serviksnya sendiri, anda akan mengalami nyeri pada bagian panggul terus menerus.

 

  1. Rasa sakit dan pendarahan pada saat berhubungan

Jika muncul rasa sakit dan pendarahan yang tidak normal pada saat berhubungan, maka hal ini bisa disebabkan karena mulut rahim mengalami iritasi. Selain itu, hal ini juga disertai dengan nyeri pada bagian panggul yang sangat hebat. Hal ini memang sangat perlu untuk diwaspadai karena bisa jadi anda sedang terkena gejala awal kanker serviks. Memang tidak selamanya pendarahan yang terjadi karena berhubungan, akan tetapi langkah antisipasi memang sangat penting dengan memeriksakan kondisi kesehatan anda ke doker.

 

Demikian beberapa gejala awal kanker serviks yang perlu untuk anda ketahui. Maka dari itu, cegahlah dan obati sedini mungkin kanker serviks karena jika tidak diketahui hingga stadium akhir, maka akan semakin susah untuk diobati, dan tentu saja fatalnya bisa berakibat kematian. Semoga bermanfaat.

baca juga : penyebab Kista dan cara…

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *