Kenali Bahan Kosmetik yang Harus Dihindari Saat Hamil

Suarabandung.com – Biasanya saat hamil banyak ibu yang mengalami perubahan kulit seperti kulit berjerawat, atau pun stretch mark. Banyak wanita atau ibu hamil yang melakukan sejumlah perawatan kecantikan. Namun tidak semua produk kecantikan aman bagi ibu hamil.

Obat jerawat

Produk obat jerawat yang aman digunakan yakni produk yang mengandung bahan dasar sulfur, asam glikolat, asam alfa hidroksi, atau asam azelaic dan erythromycin.

Ada baiknya ibu hamil menghindari obat jerawat yang mengandung benzoil peroksida, asam salisilat, dan retinoid. Tazorac dan accutane, versi lain dari turunan retinoid juga harus dihindari. Selain dalam obat jerawat, retinoid dan turunannya dapat ditemui di beberapa produk anti penuaan.

Krim penghilang flek

Perubahan hormon bisa saja menyebaban melasma atau cholasmya di mana muncul flek hitam pada wajah atau beberapa bagian tubuh lainnya. Untuk mengurangi munculnya flek hitam ini Anda bisa menggunakan krim tabir surya, namun hindari produk yang mengandung hydroquinone.

Manicure dan pedicure

Cat kuku yang mengandung toluene dan phthalate berbahaya bagi perkembangan janin. Jika anda tetap ingin menggunakan cat kuku, pastikan melakukannya di ruangan yang memiliki ventilasi udara yang baik sehingga tidak menghirup terlalu banyak aroma bahan kimia dari cat kuku.

Baca juga : Buah-Buahan Untuk Mendukung Pertumbuhan Anak

Perawatan rambut

Sejumlah produk kecantikan rambut mengandung diethanolamine (DEA) yang berbahaya bagi janin. Hindari juga produk perawatan rambut yang mengandung oleamide DEA, lauramide DEA, dan cocamide DEA.

Perawatan tubuh mengandung paraben

Paraben biasanya ditemukan pada perawatan produk seperti sampo, sabun muka, dan kosmetik lainnya. Beberapa jenis paraben yang perlu diwaspadai yakni propyl, butyl, isopropyl, isobutyl and methyl parabens.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

%d bloggers like this: