Kemeriahan HUT RI ke 72 di Tirtasari 1 Bandung

Suarabandung.com –  Telah tiba kemerdekaan RI  yang ke 72. Seluruh rakyat indonesia selalu menyambutnya dengan suka cita. Ada banyak kemeriahan untuk menyambut datang nya hari nasional ini.

Umumnya setiap daerah akan menyelenggarakan berbagai perlombaan dan panggung agustusan. Salah satu daerah yakni di Jl. Tirtasari 1 Rw 20 Kelurahan Margasari, Kecamatan Buah Batu, Bandung selalu antusias mengadakan serangkaian acara dan hiburan.

Semua kalangan dari anak-anak pun sangat antusias mengikuti berbagai perlombaan yang diadakan panitia setempat bernama Tirtasari Pride ini. Berikut beberapa kemeriahan dalam perlombaan 17 agustus yang diadakan di jalan tirtasari 1 rw 20 ini ;

  1. Lomba makan kerupuk

Lomba Makan Kerupuk | Jl.Titasari 1 Kec. Buahbatu Bandung

Perlombaan makan kerupuk adalah salah satunya lomba yang sering diadakan disetiap daerah. Kerupuk di gantung dengan mengikat tangan kita dibelakang Orang yang pertama kali menghabiskan nya barulah akan menjadi pemenangnya.

  1. Lomba balap karung

Lomba Balap Karung | Jl.Titasari 1 Kec. Buahbatu Bandung

Lomba balap karung di daerah ini sangat unik, karena siapa pun yang melihatnya pasti akan terhibur dengan penampilan para peserta yang sangat lucu seperti kurcaci mungil. Uniknya anak – anak harus memakai helm dan berlompat tentu saja ini membuat para penonton pun ikut tertawa dan terhibur.

Para peserta lomba harus berlarian dengan menggunakan karung hingga garis finish. Peserta yang pertama kali mencapai garis finish dialah pemenangnya.

  1. Lomba mencari koin dalam tepung

Lomba Mencari Uang | Jl.Titasari 1 Kec. Buahbatu Bandung

Koin yang harus mereka ambil bukan dengan tangan ya melainkan dengan menggunakan mulut. Para peserta harus berusaha mengambil koin tersebut dalam tepung. Huh, memang perjuangan sekali tapi ini perlombaan yang menyenangkan bukan? Selain menanti hadiah biasanyakoin yang mereka dapatkan bisa diambil juga.

  1. Lomba bakiak

Lomba Bakiak | Jl.Titasari 1 Kec. Buahbatu Bandung

Lomba untuk mencapai garis finish satu lagi adalah lomba balap lari dengan menggunakan bakiak. Lomba ini dilakukan oleh beberapa orang setiap regunya. Lomba ini juga diikuti anak- anak, remaja, hingga para ibu pun ikut memeriahkan lomba ini. Perlombaan ini harus memiliki kekompakan supaya dapat berjalan bersama. Lomba ini mudah dilakukan tapi perlu kesimbangan, kekompakan, dan juga kecepatan.

  1. Lomba futsal

Lomba Futsal | Jl.Titasari 1 Kec. Buahbatu Bandung

Di tirtasari ini lomba futsal dimainkan oleh remaja laki-laki. Kemeriahan nya tidak diragukan lagi, karena para peserta begitu menikmati acara perlombaan ini. banyak juga penonton yang memberikan semangat kepada para jagoannya untuk memenangkan perlombaan yang satu ini.

  1. Lomba panjat pisang

Lomba Panjat Pinang | Jl.Titasari 1 Kec. Buahbatu Bandung

Lain halnya panjat pinang satu hal yang unik yang diadakan di kampung tirtasari ini adalah panjat pisang. Menggunakan batang pohon pisang dan di gantung dengan tahanan kuat. Hadiah berupa amplop yang ditusuk pada bagian atas batang pisang dengan nomber hadiah yang bisa di tukarkan. Sebetulnya sama dengan panjat pinang biasa akan tetapi panjat pisang dilakukan bergiliran setiap orang. Ini tak kalah seru dn menantang mengingat  ini adalah lomba yang mendidik untuk mengingatkan kita akan perjuangan pahlawan ketika menurunkan bendera musuh yaitu Belanda yang diganti dengan sang Merah Putih, bendera Indonesia.

Dengan diolesi oli atau minyak di pohon pisang untuk menyusahkan para peserta lomba dalam mengambil hadiah ini sama halnya dengan para pahlawan dulu yang berusaha menurunkan bendera musuh dan mengibarkan bendera Merah Putih.

Masih banyak lagi perlombaan yang diselenggarakan di kampung Tirtasari 1 yang berada di Kota Bandung ini seperti lomba karaoke, lomba pukul air, lomba tiup gelas dll.

Semoga tahun berikutknya kita semua bisa terus ikut berpartisipasi dalam memeriahkan HUT Kemerdekaan RI dengan lebih baik lagi dipenuhi dengan semangat 45 dan berbagai keceriaan lainnya.  Terimakasih..DIRGAHAYU RI…..

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *