Kandungan dan Manfaat Tahu Yang Jarang Kita Ketahui

Kandungan Nutrisi dan Manfaat Konsumsi Tahu – Tahu merupakan makanan yang dihasilkan dari olahan kedelai dan menjadi makanan yang banyak digemari masyarakat untuk dijadikan sebagai lauk pendamping nasi. Ada berbagai macam jenis tahu salah satunya tahu putih dan di kota sumedang ada pula tahu yang diberi nama tahu sumedang. Perbedaannya terlihat jelas dari bentuknya namun untuk masalah gizi sepertinya semua jenis tahu memiliki kandungan gizi yang sama.

Tahu memiliki banyak protein, lemak, karbohidrat, mineral, kalori, fosfor, dan vitamin B-kompleks seperti thiamin, vitamin E, vitamin B12 dll. Yang perlu Anda ketahui bahwa tahu ini mengandung asam lemak tak jenuh sebanyak 80% sehingga sangat aman dikonsumsi untuk penderita penyakit jantung. Dibalik rasanya yang enak ternyata tahu menyimpan segudang manfaat bagi tubuh kita.

Dalam sebuah penelitian di Kanada menyebutkan bahwa tahu dipercaya dapat menurunkan kadar kolesterol jahat yang ada didalam tubuh. Pendapat ini berdasarkan survey yang dilakukan pada percobaan 55 orang wanita berusia setengah baya yang mengidap kolesterol tinggi untuk mengkonsumsi tahu dan hasilnya hampir semua orang mengalami penurunan kadar kolesterol jahat.

Lalu apakah hanya itu manfaat yang dapat kita peroleh dari mengkonsumsi tahu? Tidak, masih ada banyak manfaat lain yang dapat kita peroleh dari mengkonsumsi tahu. Berikut ini akan kami jabarkan beberapa manfaat mengkonsumsi tahu bagi kesehatan.

Manfaat Konsumsi Tahu Bagi Kesehatan

Mencegah Anemia – Dalam sebuah study yang dilakukan di China menyebutkan bahwa dengan mengkonsumsi tahu dapat menurunkan resiko seseorang terkena anemia. Setelah dilakukan penyelidikan tentang pendapat tersebut mendapat kesimpulan bahwa tahu memang dapat menurunkan resiko anemia untuk golongan orang dewasa.

Sumber Kalsium – Kandungan kalsium yang terdapat pada tahu sangatlah banyak dan ini tentunya sangat bagus untuk menjaga kesehatan dan kepadatan tulang. Kekurangan kalsium dapat menyebabkan osteoporosis, penuaan dini dan tulang rapuh. Untuk itu sangat dianjurkan kepada semua untuk mengkonsumsi tahu agar kesehatan tubuhnya tetap terjaga.

Meningkatkan Produksi Energi – Setiap hari tubuh membutuhkan energi untuk melakukan aktifitas sehari-hari dan tahu bisa menjadi sumber energi yang bagus bagi tubuh Anda. Lebih dari 30% kandungan zat besi yang terdapat pada tahu dan ini sudah melebihi nilai harian yang direkomendasikan untuk tubuh.

Mencegah Penyakit Jantung – Penyakit jantung merupakan pembunuh nomor satu didunia dan menjadi momok yang menakutkan bagi mereka yang memiliki penyakit tersebut. Beberapa tahun yang lalu sempat diadakan penelitian tentang jenis makanan yang dapat mencegah penyakit jantung dan tahu masuk dalam kategori tersebut. Tahu berbahan dasar kedelai dan didalam kedelai terkandung protein yang dapat menurunkan LDL (kolesterol buruk) yang merupakan penyebab dari penyakit jantung.

Membantu Menurunkan Berat Badan – Bagi Anda yang tengah menjalani diet sehat dan alami, tahu bisa menjadi menu Andalan Anda setiap hari. Sifat dari tahu ini cepat memberikan rasa kenyang, rendah kalori dan berprotein tinggi sehingga sangat cocok untuk menurunkan berat badan.

Membantu Pasien Diabetes Dengan Masalah Ginjal – Penyakit diabetes dapat menyebabkan komplikasi salah satunya ginjal. Perlu diketahui bahwa diabetes merupakan penyebab utama tubuh kita mengalami gagal ginjal dan hal tersebut ditandai adanya protein didalam urin. Penelitian ini dilakukan pada seorang pria yang mengidap penyakit diabetes tipe 2 dan mendapatkan hasil bahwa penyakit ginjal terkait erat dengan diabetes. Dengan mengkonsumsi tahu maka akan menurunkan 10% protein yang ada pada air seni.

Demikian beberapa informasi yang dapat Anda ketahui tentang kandungan nutrisi dan manfaat mengkonsumsi tahu. Makanan murah yang satu ini memang kaya akan nutrisi jadi bagi Anda yang tidak suka dengan tahu semoga setelah membaca artikel ini Anda lebih menghargai lagi keberadaan tahu sebagai makanan yang bernutrisi tinggi. Sekian dan Terimakasih.
Baca Juga : Makanan yang Baik untuk Asam Urat

Editor : @yayu73

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *