Inilah Manfaat Buah Bit Bagi Kesehatan

Suarabandung.com – Buah yang satu ini termasuk ke dalam umbi-umbian, yang dimanfaatkan sebagai obat herbal adalah akarnya. Anda pun bisa mendapatkan manfaat buah ini dengan membuatnya sebagai jus.

Kandungan nutrisinya seperti: gula alami, sodium, potassium, fosfor, kalsium, magnesium, sulfur, klorin, iodine, zat besi, copper, vitamin B1, B2, C dan P.

Berikut manfaat yang terkandung dalam buah bit:

Sebagai Obat hati, Pembersih alami untuk ginjal dan kandung empedu. 

Manfaat pertama dari buah ini adalah sebagai obat hati, pembersih alami ginjal dan kandung empedu, selain itu buah bit dapat membersihkan dan menetralkan racun dalam tubuh . Melawan infeksi dan radang serta mengatasi masalah batu ginjal.

Kombinasi jus bit, wortel dan ketimun, adalah salah satu cara terbaik untuk membersihkan ginjal dan kandung empedu dari racun yang tertimbun di kedua organ penyaring tersebut.

Nah, Bit juga bermanfaat untuk detoksifikasi (pembuangan racun) dan pembersihan isi perut kita, serta masalah wasir.

Memberi tenaga dan menyeimbangkan tubuh. 

Minum jus bit  dapat membantu orang berolah raga lebih lama 16% disebabkan oleh kandungan nitratnya mengurangi pengeluaran/pembakaran oksigen dalam olah raga, sehingga rasa cape pun akan berkurang. Minum jus bit akan menambah energi dan melancarkan aliran darah.

Masalah pencernaan

Minum jus bit yang dicampur dengan satu sendok makan madu di pagi hari sebelum sarapan akan membantu mengurangi masalah pencernaan. Daun bit juga bermanfaat menanggulangi sakit demam kuning dan pencernaan. Cukup minum sekali sehari.

 Mengatasi masalah ketombe

Untuk mengatasi masalah ketombe yang membandel, cobalah merebus bit dengan sedikit cuka alami (apple cider vinegar). Kemudian oleskan dan pijat lembut ke kulit kepala. Biarkan semalaman dibungkus dengan handuk. Keesokan harinya bilaslah dengan bersih.

Pewarna makanan alami

Kandungan betanin yang menghasilkan warna merah cemerlang dari buah bit ini dapat dipakai untuk pewarna alami makanan seperti, es krim, mewarnai telur paskah, jeli, dan lain sebagainya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *