Inilah Manfaat Bermain Sepeda Roda Tiga Untuk Si Kecil

Suarabandung.com – Mainan dan permainan merupakan salah satu bentuk stimulasi untuk mengoptimalkan proses tumbuh-kembang si kecil. Salah satu bentuk stimulasi sistematis yang dapat diterapkan untuk si kecil adalah penggunaan mainan sepeda roda tiga. Apa saja kegunaan dan manfaat sepeda roda tiga, khususnya untuk balita usia 2-5 tahun?

Berikut ini beberapa kegunaan dan manfaat bermain sepeda roda tiga untuk balita usia 2-5 tahun.

  1. Berbelok ketika menghadapi hambatan atau menyelaraskan gerakan kaki si kecil ketika mengayuh bermanfaat untuk melatih ketangkasan dalam mengendalikan laju sepeda roda tiga.
  2. Baik untuk merangsang pertumbuhan tulang. Mainan sepeda roda tiga ini sangat bermanfaat untuk merangsang pertumbuhan tulang, terutama tulang paha dan tungkai balita. Pada bagian ini terdapat suatu jaringan tulang yang masih dapat membesar dan memanjang yang disebut dengan garis epiphyseal. Tulang yang makin tumbuh memanjang pada garis epiphyseal pada akhirnya akan mempengaruhi tinggi badan balita.
  3. Mengkoordinasikan gerakan kaki kanan dan kaki kiri bergantian dengan dikombinasikan gerakan tangan merupakan salah satu bentuk koordinasi sistem kerja tubuh yang dipengaruhi kesadaran, sehingga masih dapat dilatih dan dikembangkan.
  4. Psiko-emosional. Akan menumbuhkan rasa saling memiliki ataupun ikatan batin yang kuat antara balita dan orangtua. Balita akan selalu merasa aman karena adanya orang terdekat yang selalu berada disekitarnya.

Salah satu manfaat mainan sepeda roda tiga yaitu melatih keberanian dan komunikasi-bahasa,terutama jika aktifitas ini dilakukan secara bersama-sama dan melibatkan teman-teman dengan usia sebaya. Si kecil juga akan belajar bersosialisasi, asalkan tidak ada teman sebayanya yang cenderung nakal. Semoga bermanfaat..

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *