Indonesia Kewalahan Bersaing dengan Negara Lain

Perbankan terus berupaya meningkatkan kontribusi bagi perekonomian di Indonesia. Direktur Finance & Strategy PT Bank Mandiri (Persero) Tbk Kartiko Wirjoatmodjo mengungkapkan bahwa pihaknya mendorong sinergi berbagai pihak agar iklim investasi di tanah air bisa berjalan dengan baik.

”Pembangunan infrastruktur itu diperkirakan membutuhkan dana hingga Rp 5.519,4 triliun dalam lima tahun. Untuk itu, perlu strategi dan dukungan semua pihak agar rencana tersebut dapat terealisasi,” ujarnya di Jakarta. Dasar itulah, tambah Kartiko, yang mendorong pihaknya memfasilitasi pertemuan investor dengan pemangku kepentingan. Tujuannya, pembangunan berjalan dengan baik dan ekonomi Indonesia dapat tumbuh ke arah yang lebih positif. ”Untuk mengakselerasi investasi, perlu sinergi seluruh pihak,” tuturnya.

Kartiko memerinci, target kuantitatif hingga 2019, pertumbuhan ekonomi tercatat naik dari 5,1 persen pada 2014 menjadi 8 persen di 2019 dengan PDB per kapita menjadi Rp 71,97 juta. Sedangkan inflasi turun menjadi 3,5 persen dan tingkat pengangguran terbuka di kisaran 4–5 persen.

”Untuk mendukung hal tersebut, pemerintah menargetkan pembangunan infrastruktur yang baik demi mendukung konektivitas seperti jalan, bandara, pelabuhan, rel kereta api, dermaga penyeberangan, dan pembangkit listrik,” urainya.

sumber jawapos.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *