Indonesia Ekspor Bantalan Rel ke Filipina

PT Inka Multi Solusi Trading bekerja sama dengan PT Wika Beton serta PT Pindad, melakukan ekspor perdana bantalan rel kereta api ke Filipina dalam rangka sinergitas BUMN. Direktur Utama PT Inka Multi Solusi Trading (IMTS), I Gede Agus Prayatna di Mejalengka, Jawa Barat, pada Selasa 22 Januari 2019, meyebutkan ekspor bantalan rel kereta ini merupakan yang pertama kali dan dikerjakan oleh tiga BUMN.

“Kami kirim bantalan rel kereta ke Manila, Filipina, untuk memasok kebutuhan prasarana di sana,” ucap Agus, saat melepas secara simbolis ekspor bantalan rel.

Ia menyampaikan, bahwa saat ini tiga BUMN tersebut mengekspor bantalan rel untuk pengerjaan trek sepanjang 300 meter. Ekspor perdana itu, ucap dia, akan memicu proyek lainnya.

Ia menambahkan, dibutuhkan sinergi antara BUMN dalam rangka mengangkat produk Indonesia di luar negeri, agar dapat bersaing dengan kompetitor. “Ekspor kali ini memang hanya untuk panjang trek 300 meter, namun ini merupakan pemicu dan kalau berhasil maka tentu akan mendapatkan yang lebih panjang lagi,” ujarnya, seperti ditulis Kantor Berita Antara.

Sedangkan, Direktur Pemasaran PT Wika Beton, Kuntjara, mengungkapkan pihaknya akan mendukung ekspor bantalan rel, dengan upaya terus meningkatkan produk beton agar dapat diterima di luar negeri. “Kami akan bahu membahu dan mendukung dengan terus meningkatkan kualitas produk, agar bisa diterima,” lanjut Kuntjara.

Direktur Bisnis Produk Industrial Pindad, Heru Puryanto, menjelaskan jika pihaknya baru pertama kali terlibat dalam ekspor bantalan rel yang merupakan karya anak bangsa. “Ini pertama kali kita melakukan ekspor. Dan ini merupakan kolaborasi BUMN, ‘KA Clip’ murni hasil dari kerja anak bangsa,” jelas Heru.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

%d blogger menyukai ini: