Indahnya Kampung Pelangi di Pesisir Cirebon Selatan

Suarabandung.com – Kampung Kesunean Selatan RW 9, Kelurahan Kasepuhan, Kecamatan Lemahwungkuk, Kota Cirebon, Jawa Barat mendapati julukan sebagai kampung pelangi. Karena sepanjang jalan kampung tersebut dicat warna-warni.

Warna-warni di jalan tersebut tentu membuat masyarakat pun betah untuk berjalan-jalan dan bermain. Lebih dari 15 gambar biota laut, yakni gurita, udang, paus, lumba-lumba, dan lainnya terpampang di jalan yang panjangnya kurang lebih 320 meter.

Kesunean Selatan Pepep Nurhadi (Ketua Rw 09) menyebutkan bahwa gerakan kampung pelangi tersebut muncul atas inisiatif dari masyarakat. Para remaja di kampung berinisiatif untuk membantunya membenahi kampung.

Jalanan dicat warna-wani yang menghubungkan kampung dan hutan mangrove.

Pepep pun menjelaskan kampungnya tengah merintis kawasan hutan mangrove. Diakuinya, butuh perjuangan panjang untuk membenahi kampungnya tersebut.

Kini, Kesunean menjadi salah satu kampung andalan Kota Cirebon untuk berpartisipasi pada perlombaan tingkat nasional. Baca juga : Inilah Cibunut, Kampung Berwarna Jaman Now di Kota Bandung

Sebelum merintis kampung pelangi, kampungnya sempat mendapat predikat kampung kumuh, Kesunean Selatan RW 9 langsung berbenah.

Ia mengatakan pembenahan kampung diawali dari pengolahan bank sampah. Secara berturut, dari 2014 hingga 2017.

Kesunean Selatan pun berhasil meraih juara K3 tingkat Kelurahan dan Kecamatan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

%d blogger menyukai ini: