Hindari Kecelakaan Maut, Tanjakan Emen Terus Dibenahi

Sarana atau fasilitas keamanan jalur disekitar tanjakan dan turunan Emen di Kampung Cicenang Desa/Kecamatan Ciater Kabupaten Subang hingga kini masih terus dibenahi.

Setelah insiden memprihatikan yang memakan banyak korban jiwa, kini di lokasi sudah terpasang rambu kejut dan barier pembatas jalan serta penambahan PJU untuk penerangan jalan dalam jumlah yang signifikan.

Fasilitas terbaru yang sedang dibangun adalah bed arrester atau lajur penyelamat dengan bantalan penahan.  Posisinya di turunan kiri jalan (arah Bandung ke Subang).

”Ya, intinya buat menja­min keselamatan pengguna jalan yang melintas tanjakan emen sudah dilakukan penambahan sarana. Mudah-mudahan semakin menjamin keamanan dan kenyamanan pengguna jalan,” ungkap Kepala Dinas Perhubungan Kabupaten ­Subang Rona Mairansyah, Selasa 11 September 2018.

Ia mengatakan, jika berbagai sarana yang ada di tanjakan emen diharapkan dapat menjamin keamanan para pengguna jalan.

Meskipun kini sudah ditambah sarana keamanan, Rona mengimbau pengguna jalan harus tetap eks­tra hati-hati saat hendak melintasi jalur tersebut. Imbauan pun terus dilakukan termasuk apa saja yang harus menjadi perhatian.

”Misalnya, kondisi kendaraan harus layak jalan. Selain perusahaan bus, pengguna juga harus memastikan kelayakan bus yang akan digunakan. Malahan lebih baik sebelum menyewa bisa mengecek dan memilih langsung bus yang layak. Kondisi dan kesehatan pengemudi, baik fisik maupun mental harus jadi perhatian,” tuturnya.

Tak hanya itu, pengenalan jalan yang akan dilalui pun harus dipelajari atau bisa bertanya kepada yang berpengalaman.

Sebaiknya utamankan penguasaan teknik mengemudi yang benar, dan Pengenalan teknologi yang ada di ken­da­raan, terutama bagi pengendara bus yang memiliki teknologi tinggi, sehingga seluruh fungsi keselamatan dapat dimanfaatkan dengan baik.

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

%d blogger menyukai ini: