Gerbong Kereta Api Ini Jadi Klinik dan Perpustakaan

Suarabandung.com – PT KAI membuat empat gerbong kereta api menjadi penyedia fasilitas kesehatan dan perpustakaan. Keempat gerbong kereta api tersebut diberi nama Rail Clinic dan Rail Library. Kemarin (16/11/2017), Rail Clinic dan Library tersebut mampir di PT KAI Daop 3 Cirebon, tepatnya di Stasiun Babakan, Kabupaten Cirebon, Jawa Barat.

Di gerbong kereta ini, suasana untuk membaca di Rail Library tetap nyaman. Rak-rak buku berjejer. Sedikitnya ada 10 kategori buku bacaan. Digital book pun disediakan, tersedia juga enam monitor layar sentuh sebagai media membaca.

Sedangkan dua gerbong digunakan Rail Library dan dua gerbong lainnya digunakan untuk Rail Clinic. Vice President PT KAI Daop 3 Cirebon, Rusi Haryono melalui Manager Humas PT KAI Daop 3 Cirebon, Krisbiyantoro menyebutkan sebanyak 528 buku bacaan yang disediakan di Rail Library.

Untuk Rail Clinic dilengkapi fasilitas laboratorium Hematology Analyzer Sysmex berbasis komputer yang berfungsi untuk mengukur sampel darah sehingga mampu membantu mendiagnosis penyakit seperti kanker dan juga diabetes.

“PT KAI menyiapkan tim kesehatan yang terdiri dari lima dokter umum, dua dokter gigi, satu dokter spesialis Kandungan, satu bidan, dua apoteker, dan 10 paramedis untuk memberikan pelayanan kesehatan,” ujar Kris saat ditemui di Stasiun Babakan Cirebon.

Rail Clinic dan Library dimanfaatkan PT KAI sebagai realisasi program Corporate Social Responsibility (CSR) dalam bentuk kegiatan Bakti Sosial pelayanan kesehatan gratis untuk masyarakat di sekitar Stasiun Babakan. Sebanyak 300 masyarakat Babakan dan sekitarnya mendapatkan pelayanan gratis.

Dalam kesempatan yang sama, PT KAI Daop 3 Cirebon juga memberikan kaca mata untuk 200 siswa dan guru dari SD di UPT Pendidikan Babakan dan sekitarnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

%d blogger menyukai ini: