Gempa Garut Berkekuatan 6.1 SR Guncang Jawa Barat

Gempa Garut mengguncang beberapa wilayah di Jawa Barat dengan kekuatan magnitudo 6,1 Skala Richter, yang getarannya terasa sampai Jakarta, Bandung dan di beberapa wilayah Jawa Barat. Menurut BMKG Gempa terjadi sekitar pukul 21:45:28 WIB dengan lokasi pusat gempa berada di 8.30 LS,107.32 BT (101 km BaratDaya GARUT-JABAR). Kedalaman gempa berada di kedalaman 10 Km.

BMKG : Gempa Garut Tidak Berpotensi Tsunami

Berdasarkan informasi yang dikutip dari Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika  (BMKG), gempa tersebut tidak berpotensi Tsunami.

Guncangan gempabumi ini dirasakan cukup kuat di daerah Garut dengan skala intensitas mencapai IV-V MMI, untuk daerah Tasikmalaya guncangan mencapai skala intensitas III-IV MMI, sedangkan daerah Bandung dan Lembang skala intensitas dilaporkan hanya II-III MMI.

Gempabumi tektonik dengan kedalaman hiposenter menengah ini terjadi akibat aktivitas subduksi lempeng. Posisi hiposenter gempabumi terletak tepat pada bidang kontak antara Lempeng Indo-Australia dan Lempeng Eurasia.
Hasil analisis mekanisme sumber menunjukkan bahwa gempabumi ini dipicu oleh penyesaran naik (thrust Fault). Parameter sesar menunjukkan nilai bidang nodal: Strike=109 Dip=62 Slip=88 dan bidang nodal 2: Strike=294 Dip=28 Slip=94. ( DARYONO BMKG)

Hingga berita ini diturunkan belum ada laporan kerusakan maupun korban jiwa akibat dari gempa.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *