Gempa 7,1 SR Guncang Meksiko Saat Peringatan Gempa 1985

Suarabandung.com – Gempa bumi 7,1 Skala Richter (SR) mengguncang Meksiko pada Selasa (19/9) terjadi saat peringatan gempa mematikan tahun 1985 dan menewaskan ribuan orang di Mexico City. Bahkan beberapa jam sebelum gempa mengguncang, warga Meksiko mengikuti latihan gempa tahunan.

Sedikitnya 4.200 orang tewas — kemungkinan jumlahnya lebih besar karena banyak orang yang hilang. Ratusan ribu orang lainnya kehilangan tempat tinggal. Situasi sangat mencekam saat itu, dengan lebih dari 250 orang tewas di satu lokasi usai tertimpa menara sebuah gedung yang ambruk.

Mengenang momen saat itu, Los Angeles Times menyebut gempa melanda saat jam-jam orang sibuk berangkat kerja pada pagi hari. Gedung-gedung ambruk, kebakaran terjadi dan warga Meksiko panik berlarian ke jalanan.

Kebanyakan warga Meksiko ikut serta dalam latihan gempa yang digelar tiap tanggal 19 September, setiap tahun di berbagai kota. Termasuk saat gempa melanda pada Selasa (19/9) siang waktu setempat.

Salah satu warga Meksiko, Ricardo Ramos, mengira latihan gempa masih digelar saat dirinya merasa getaran pada Selasa (19/9) siang.

“Kami bergerak ke Paseo de la Reforma Avenue dan sekali lagi melihat pekerja kantoran yang sama yang beberapa jam sebelumnya sibuk ngobrol, bermain-main dan merasa bosan dengan latihan gempa. Banyak yang bilang latihan itu hanya membuang-buang waktu,” paparnya.

Saat gempa sungguhan menggucang warga Meksiko lainnya, Cacelin menyadari perbedaan besar. Tidak ada peringatan 30 detik untuk memberi waktu kepada warga untuk menenangkan diri. Cacelin menyebut orang-orang, termasuk dirinya, langsung berlari keluar gedung.

“Kali ini tidak ada peringatan, kami hanya merasakan getaran gempa. Gempa bumi mengejutkan kami,” tandasnya.

Gempa dahsyat terjadi pada tahun 1985 membawa perubahan pada standar pembangunan gedung dan langkah persiapan situasi darurat. Tahun ini sedikit berbeda, karena Meksiko baru dilanda gempa bumi pada 7 September lalu.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *