Gejala Demam Berdarah dan Pengobatannya

Demam bedarah atau biasanya yang di singkat DBD merupakan penyakit yang dapat mengakibatkan penderita dengan mengalami rasa nyeri yang sangat kuat. DBD sendiri di sebabkan karena virus yang di tularkan dari gigitan nyamuk Aedes aegiptyyang berkelamin betina, yang mana nyamuk tersebum membawa virus dengue. Virus tersebut dapat menyebakan gangguan pada pembuluh darah kapiler dan sistem pembekuan darah yang mana jika hal ini di biarkan dalam jangka waktu yang relatif lama dapat menyebabkan kematian.

Untuk itulah perlu sekali mengetahui apa saja gejala dari penyakit demam berdarah ini. Gejala demam berdarah sendiri sampai sekarang ini masih belum tau pasti, namun secara umum penyakit ini memiliki beberapa ciri umum yang di miliki para penderitanya, yakni pusing di sertai panas yang tinggi bahkan ada juga yang sampai muntah darah. Namun di karenakan gejala tersebut juga dimiliki beberapa penyakit lain, banyak sekali salah mendiagnosis penyakit yang mana hal tersebut dapat menyebabkan keterlambatan penangan penderita. Maka dari itu berikut adalah gejala dari penyaki demam berdarah

  1. Mendadak panas tubuh menjadi tinggi antara 38-40 derajat celcius selama 7 hari.
  2. Munculnya bintik-bintik merah pada kulit
  3. Sering mengalami mimisan tanpa sebab
  4. Merasa nyeli pada ulu hati
  5. Trombositopenia ( =100.000 per mm3)
  6. Terjadi perdarahan yang petekia

Nah itulah beberapa gejala yang sering muncul pada para penderita penyakit demam berdarah, jika gejala-gejala tersebut ada pada anda maka segeralah memeriksakannya ke rumah sakit terdekat sehingga dapat di lakukan pertolongan secepatnya. Meskipun sampai saat ini masih belum ada vaksin atau obat yang khusus untuk mengobati penyakit demam berdarah, yang selama ini di lakukan para dokter hanya meringankan gejala-gejala yang di akibatkan oleh penyakit demam berdarah. Dan para dokter biasanya memberikan anjuran kepada para pasien sebagai berikut :

  • Istirahat secara menyeluruh
  • Perbanyak mengkonsumsi air putih, hal ini di lakukan untuk mencegah dehidrasi pada sang pasien karena biasanya orang yang mengalami demam tinggi mudah sekali dehidrasi
  • Untuk meringankan demam penderita, berikan obat penurun demam dan nyeri. Namun obat yang di berikan harus hati-hati, jangan berikan obat ibuprofen atau aspirin, karena kedua obat tersebut dapat memicu pendarahan dalam pada penderita.
  • Untuk para penderita DBD yang sudah parah, biasanya akan di rawat di rumah sakit dan di berikan cairan infus serta akan mendapatkan transfusi darah untuk mengantikan darah yang hilang ( Baca Juga : Cara Mengatasi Demam Pada Anak )

Nah itu lah gejala demam berdarah dan pengobatannya yang harus di ketahui banyak orang, namun lebih baik mencegah daripada mengobati. Untuk itulah jagalah lingkungan di sekitar rumah agar tetap bersih dan sehat supaya terhindar dari berbagai macam penyakit.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *