Durasi Tidur Dapat Pengaruhi IQ pada Wanita

Suarabandung.com – Ternyata manfaat durasi tidur pada wanita dengan pria berbeda. Pada umumnya bahwa setiap orang tentunya membutuhkan waktu 8-9 jam untuk tidur. Namun faktanya, jam tidur yang dibutuhkan pria dan wanita ternyata berbeda.

Salah satu studi menunjukan, bahwa wanita membutuhkan waktu tidur lebih banyak. mengapa ? Karena wanita memiliki otak yang lebih kompleks dan lebih banyak digunakan. Salah satunya dalam berfikir.

Menurut laman The Sun, penelitian yang dilakukan oleh Institut Max Planck di Munich, Jerman, menganalisa pola tidur 160 wanita untuk mengetahui bagaimana durasi dan kualitas tidur dapat mempengaruhi kerja otak pada wanita.

Dari penelitian tersebut ditemukan bahwa ‘poros tidur’ seorang wanita mempengaruhi rentetan aktivitas otak yang akhirnya terhubung dengan tingginya IQ. Diketahui, bahwa IQ seorang wanita akan meningkat ketika wanita tersebut dapat tidur terlelap dengan durasi lebih lama namun tanpa mimpi.

Sedangkan pria, masih dalam penelitian yang sama menyebutkan bahwa ternyata pria tidak mengalami hal serupa seperti yang di alami wanita. Karena tidak berpengaruh apa-apa, bagi pria jika tidur dengan durasi singkat ataupun lama, bahkan ketika mereka tidur lelap sekalipun.

Profesor Martin Dresler, salah satu peneliti yang terlibat dalam penelitian tersebut mengungkapkan, hubungan antara poros tidur dan kecerdasan ternyata lebih rumit dari yang dibayangkan.

“Hasil yang kami temukan menunjukkan bahwa hubungan antara poros tidur dan kecerdasan lebih rumit dari yang kita asumsikan selama ini. Ada banyak faktor yang terlibat dalam kemampuan intelektual, dan tidur salah satunya. Penelitian luas pada pria dan wanita ini memberi kita informasi lebih akurat untuk langkah penelitian selanjutnya yang akan melibatkan perbedaan pola tidur individu,” Paparnya.

Jadi pantas saja jika wanita lebih menyukai tidur dengan durasi yang lama. Tentunya tidak semua wanita selalu tidur setiap saat. Karena setiap individu memiliki durasi istirahat yang berbeda-beda.

Sebaiknya tetap menjankan aktifitas dengan baik namun tetap fikirkan untuk beristirahat. Karena dapat mempengaruhi IQ pada otak. Khususnya pada wanita.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *