Drone DJI Phantom 3 Pro Review dan Spesifikasi

DJI Phantom 3 Pro masih mempertahankan desain dasar dari pendahulunya, yaitu drone berwarna putih dengan empat baling-baling, kamera pada bagian bawah dan pijakan untuk untuk mendarat. Sebenarnya penggunaan warna putih pada drone ini sangat tidak cocok, karena jika dilihat dari ketinggian maka warna tersebut akan bisa tersamar. Contohnya saja ketika anda memainkan layang-layang dan layangan yang anda gunakan memiliki warna putih, tentunya pada ketinggian tertentu anda akan kesulitan melihatnya karena tersamar dengan warna awan. Tetapi hal itu dapat diatasi dengan pemberian warna lain, seperti yang ada di drone ini menggunakan lampu LED yang berada di bagian bawah baling-baling untuk membantu penggunanya untuk melacaknya. Selain itu, drone ini memiliki ukuran diagonal 59 cm yang diukur dari baling-balingnya, selain itu beratnya hanya 1,29 Kg dan itu sudah termasuk dengan baterai dan baling-baling.

dji_phantom_3_professional

Selain bodi DJI Phantom 3 Pro berwarna putih, remote kontrol yang digunakan juga memiliki warna yang sama dan sudah termasuk pegangan atau holder untuk ponsel ataupun tablet yang berfungsi untuk melihat rekaman. Untuk holder sendiri dapat digunakan untuk iPad jadi untuk ukuran ponsel yang lebih kecil tentu saja bisa digunakan. Selain itu, para penggunannya wajib menyertakan sambungan kabel untuk ponsel atau tabletnya berkoneksi dengan remote yang  memiliki konektor poer USB-A dan micro SB-Bentuk. Di bagian depan remote tersebut terdapat 2 joystick yang berfungsi untuk mengontrol penerbangan, tombol power dan tombol darurat untuk kembali ke rumah secara otomatis. Pada bagian atas, terdapat pengatur eksposur kamera, tombol khusus untuk memulai rekaman video ataupun mengambil gambar, mengatur kemiringan gimbal,  tombol playback dan sebuah switch untuk merubah mode penerbangan. Sedangkan dua tombol yang lain terdapat pada bagian belakang. Baterai remote yang digunakan dapat di isi ulang bersamaan dengan baterai drone melalui adaptor khusus.

DJI Phantom 3 Pro dapat terbang selama 23 menit ketika keadaan baterai penuh, tetapi lama waktu terbang tersebut akan berbeda jika anda menerbangkannya di ketinggian yang lebih tinggi dan kecepatan terbang yang digunakan. Ketika baterai telah turun dibawah 10% maka ia akan langsung mendarat secara otomatis.  Baterai yang digunakan oleh drone ini berkapasitas 4480 mAh sedangkan baterai remote kontrolnya 6000 mAh.

DJI_Phantom_3_and_remote.0

Dari segi kualitas video dan gambar yang dihasilkan DJI Phantom 3 Pro sudah sangat bagus. Untuk kualitas video yang sudah mencapai 4k@24/25 fps, 3840x2160piksel@24/25/26 fps, 1080p @ 24/25/30/48/50/60 fps dan 720p @ 24/25/30/48/50/60. Hasil gambar yang dapat dihasilkan drone ini tentunya juga 4K dan dibawahnya sama seperti kualitas videonya. Untuk penyimpannanya menggunakan microSD hingga 64 GB. Format file yang didukung oleh drone ini adalah FAT32/exFAT dengan file foto berbentuk JPEG dan DNG sedangkan untuk file video MP4 dan MOV.

Dari segi perakitan dan penggunaan DJI Phantom 3 Pro juga sangat mudah.   Untuk perakitan baling-baling para penggunanya akan dimudahkan cara memasangnya mesin dan baling-baling memiliki kode warna yang berbeda untuk memastikan ketepatan pemasangannya. Untuk menggunakanya pastikan anda telah merakit baling-baling tersebut dengan benar dan terkunci rapat kemudian untuk menyalakannya terhadap dua proses tahapan yakni tekan tombol power pada baterai dan cepat lepaskan, lalu setelah itu segera tekan dan tahan. Untuk menyalakan remote juga seperti itu. Kemudian LED yang berada di bawah baling-baling akan berkedip dan pastikan ponsel atau tablet anda terhubung dengan remote dan sudah menjalankan aplikasi DJI pilot yang hanya mendukung android versi 4.1.2 atau lebih dan iOS 8.0 atau lebih.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *