Demam Berdarah atau DBD Penyakit Paling HITS Setiap Tahunnya

Penyakit Demam Berdarah atau yang biasa dikenal dengan DBD penyakit paling HITS setiap Tahunnya yang dapat menyerang siapa saja dan dimana saja. Penyakit DBD ini disebabkan oleh virus yang diakibatkan karena gigitan tajam dari nyamuk Aedes Aegypti yang  sangat terkenal dengan gigitannya yang ganas bahkan bisa merenggut nyawa korban yang di hisap darahnya dengan mudah. Namun hingga saat ini Negara kita, Indonesia menduduki peringkat ke-2 pada nominasi penderita penyakit DBD setelah Negara Brazil.

Tahun 2014 hingga pertengahan bulan Desember 2015 di Indonesia sudah tercatat sebanyak 71.668 orang yang tersebar di 32 provinsi Indonesia yang terjangkit penyakit DBD. Dan 641 orang di antaranya meninggal dunia karena penanganan penyakit ini yang terlambat. Wabah DBD ini juga sering mewabah secara tiba-tiba dan menyebarkan virus ini pada ribuan orang. Jadi penyakit DBD ini pada dasarnya sangat menjadi trend penyakit tersendiri di Indonesia.

Cara Terbaik Mencegah Penyakit DBD

Bertahun tahun sudah DBD Menjadi Penyakit Paling HITS Setiap Tahunnya namun hingga sampai saat ini belum ada yang bisa menangkal , mengobati dan juga belum di temukan vaksin khusus untuk menangkal penyakit Demam Berdarah ini . Sehingga ada beberapa hal yang harus bahkan wajib dilakukan oleh kita agar bisa mencegah penyakit DBD ini, dan juga agar bisa terhindar dari gigitan nyamuk itu yaitu gigitan nyamuk Aedes Aegypti. Berikut adalah cara terbaik mencegah penyakit DBD ini.

  1. Bersihkan kamar mandi serta menaburkan beberapa serbuk abate agar semua jentik jentik nyamuk DB tersebut mati.
  2. Memasang kawat dengan ukuran kecil pada seluruh bagian ventilasi yang ada di rumah Anda.
  3. Mensterilkan lingkungan di sekitar rumah Anda maupun rumah Anda, semisal melakukan fogging atau yang biasa di sebut penyemprotan pembasmi nyamuk Demam Berdarah.
  4. Lakukan 3 M ( Menutup, Mengubur dan Menguras ) tempat-tempat penampungan air yang berada di sekitar rumah Anda.
  5. Gunakan pakaian panjang saat tidur dan saat melakukan aktivitas sehari hari agar bisa melindungi tubuh Anda dari gigitan nyamuk yang paling mematikan ini.
  6. Gunakan kelambu pada ranjang tempat tidur Anda untuk mencegah nyamuk masuk ke kamar Anda dan mencegah nyamuk menggigit tubuh manis Anda.
  7. Gunakan lation anti nyamuk yang banyak mengandung N-Diethymetatoluamide yang sudah terbukti efektif untuk mencegah gigitan serangga ganas ini. Namun ingat jangan gunakan lation ini pada bayi yang baru berusia di bawah 2 tahun karena kulit bayi dalam umur tersebut sangat sensitive dengan lation lation itu.

Gejala Penyakit Demam Berdarah

Namun jika Anda sudah terlanjur digigit oleh nyamuk yang paling HITS sepanjang masa ini dan juga jika Anda sudah dinyatakan terinfeksi Anda hanya butuh waktu empat hingga sepuluh hari agar bisa melihat gejala-gejala demam berdarah ini. Berikut gejala-gejala yang paling umum terjadi di tubuh manusia antara lain :

  1. Sakit kepala yang berat.
  2. Demam yang tinggi dan biasanya terjadi pada malam hari saja sedangkan pada pagi hari suhu badan normal.
  3. Perut merasakan mual mual dan biasanya juga mual itu muncul saat perut kita terisi makanan.
  4. Bukan hanya mual saja Anda juga bisa muntah muntah karena penyakit ini.
  5. Rasa nyeri pada otot dan sendi yang ada di tubuh Anda.
  6. Terjadi pembengkakan pada kelenjar.
  7. Tubuh yang menggigil.
  8. Hilangnya nafsu makan.
  9. Sakit pada tenggorokan.
  10. Hadirnya bintik bintik merah pada kulit namun tidak terasa gatal.
  11. Wajah yang berubah warna menjadi merah.
  12. Rasa sakit yang muncul pada bagian belakang mata.
  13. Pendarahan yang tidak wajar yang kebanyakan seperti mimisan, gusi berdarah maupun darah yang keluar pada air seni.

Jika tidak segera di obati maka penyakit ini akan semakin parah berkembangya di dalam tubuh Anda bahkan bisa menyebabkan kematian. Jangan jadikan DBD Penyakit Paling HITS Setiap Tahunnya, namun Anda sebaiknya menjaga kesehatan diri Anda sendiri. Karena 1 nyawa sangat berharga bagi kehidupan Anda. Dan semoga Cara Terbaik Mencegah Penyakit DBD yang saya berikan dapat bermanfaat bagi Anda.

baca juga : Gejala Demam Berdarah dan Pengobatannya.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *